Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Casillas Resmi Kembali ke Real Madrid

Rabu 23 Dec 2020 02:21 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko

Iker Casillas

Iker Casillas

Foto: PA-EFE/Peter Powell
Iker Casillas, akhirnya resmi kembali ke klub asal Ibukota Spanyol tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Mantan kapten sekaligus penjaga gawang Real Madrid, Iker Casillas, akhirnya resmi kembali ke klub asal Ibukota Spanyol tersebut. Namun, Casillas tidak akan lagi bertugas bertugas di bawah mistar gawang Los Blancos, melainkan sebagai Wakil Direktur Eksekutif Real Madrid Foundation.

Real Madrid Foundation merupakan organisasi nirlaba yang berada di bawah Los Blancos. Lewat organisasi ini, Real Madrid mengembangkan serangkaian program-program kepedulian sosial, budaya, dan olahraga kepada masyarakat. 

Baca Juga

''Iker Casillas adalah legenda Real Madrid, yang mewakili nilai-nilai dari klub ini, dan menjadi salah satu kiper terbaik dalam sejarah Real Madrid,'' tulis keterangan resmi Real Madrid seperti dilansir Marca, Selasa (22/12).

Selama 16 tahun memperkuat tim utama Real Madrid, tepatnya dari 1999 hingga 2015, Casillas memang bisa dibilang sebagai salah satu simbol Los Blancos. Casillas dianggap sebagai salah satu contoh kesuksesan dari akademi sepak bola Real Madrid, La Fabrica. Penjaga gawang yang dijuluki San Iker oleh supporter Los Blancos ini telah mengemas 725 penampilan bersama Los Blancos di semua ajang.

Catatan ini mengantarkan eks penjaga gawang timnas Spanyol itu berada di urutan kedua dalam daftar pemain dengan jumlah penampilan terbanyak buat Los Blancos, berada di bawah Raul Gonzales, yang mengemas 741 penampilan di semua ajang.

Tidak hanya soal posisinya yang tidak tergantikan di bawah mistar gawang Madrid, Casillas juga menorehkan tinta emas bersama Los Blancos. Penjaga gawang yang memutuskan pensiun pada pertengahan tahun ini telah mempersembahkan lima titel La Liga, tiga trofi Liga Champions, dan sepasang trofi Copa del Rey buat Los Blancos. Secara keseluruhan, Casillas, yang kini telah berusia 39 tahun itu, telah memboyong 19 trofi ke Stadion Santiago Bernabeu selama membela Los Blancos.

Sementara di timnas Spanyol, Casillas berhasil membawa La Furia Roja meraih dua gelar Piala Eropa, yaitu pada 2008 dan 2012. Kesuksesan di pentas Eropa ini pun dilengkapi Casillas dengan mengantarkan La Furia Roja menjadi yang terbaik di arena Piala Dunia 2020. Bahkan, Casillas tercatat sebagai kiper, yang merangkap sebagai kapten, pertama yang bisa mengantarkan timnya meraih titel Piala Eropa.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA