Selasa 22 Dec 2020 17:11 WIB

Ini Pekerjaan Rumah Budi Gunadi Sadikin Sebagai Menkes

Budi harus memastikan vaksin terdistribusi merata hingga ke pelosok.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolandha
Budi Gunadi Sadikin
Foto: Republika
Budi Gunadi Sadikin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Budi Gunadi Sadikin didapuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Kesehatan. Di tengah pandemi, banyak pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan oleh Budi.

Direktur Eksekutif CORE Indonesia, Moh Faisal menilai ada tiga hal penting yang harus segera dijawab oleh Budi sebagai Menkes. Meski bukan berlatar belakang praktisi kesehatan, ini malah menjadi tanggung jawab besar Budi untuk membuktikan kepada masyarakat kalau dia punya kapabilitas untuk mengatasi persoalan di tengah pandemi.

Baca Juga

"Memang Pak Budi bukan orang yang punya latar belakang di kesehatan. Namun, meski begitu tidak masalah, karena di beberapa negara Menkes tidak harus berlatar belakang dokter. Hanya saja, berbagai pekerjaan rumah harus diselesaikan Budi sebagai bukti kapabilitas dia," ujar Faisal saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (22/12).

Pertama, meski sudah ada vaksin, Budi harus memastikan langkah preventif apa yang harus diterapkan kepada masyarakat. Hal ini penting untuk menekan laju penularan yang semakin tinggi. Faisal menilai, Budi harus bisa merumuskan strategi langkah preventif itu.

Kedua, adalah distribusi vaksin. Meski Presiden sudah memastikan vaksin akan digratiskan, saat ini yang terpenting adalah bagaimana vaksin tersebut bisa terdistribusi dengan baik.

"Budi harus bisa membuat kebijakan bagaimana vaksin itu bisa tersebar secara merata untuk semua masyarakat. Bagaimana distribusi vaksin itu aman dan sampai bahkan ke daerah daerah pelosok," ujar Faisal.

Ketiga adalah efektivitas vaksin. Faisal menilai meski vaksin sudah tersedia dan gratis, tingkat efektivitas vaksin juga perlu dibuktikan ke masyarakat. 

"Ini yang bisa mempengaruhi cofident masyarakat dan bagaimana penanggulangan pandemi. Kalau sampai salah, ini malah bisa menjadi backfire bagi pemerintah," ujar Faisal.

Tapi apakah Budi Gunadi Sadikin mampu menjawab semua tantangan ini? Faisal menilai terlalu dini untuk menilai bahwa Budi tidak mampu. Tiga tugas penting tadilah yang menurut Faisal harus dijawab oleh Budi selaku Menteri Kesehatan yang baru.

"Terlalu dini untuk mengecap Budi tidak mampu. Ini yang malah harusnya dijawab oleh Budi, apakah mampu untuk menyelesaikan pandemi ini," tutup Faisal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement