Selasa 22 Dec 2020 16:20 WIB

Risma, Sandi, Hingga Gus Yaqut, Ini Rekam Jejak Menteri Baru

Ada enam menteri baru yang diumumkan Presiden Jokowi pada hari ini.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andri Saubani
Jokowi menunjuk sejumlah nama baru dalam kabinetnya
Foto: Istimewa
Jokowi menunjuk sejumlah nama baru dalam kabinetnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengumumkan perombakan Kabinet Indonesia Maju, Selasa (22/12) siang. Dalam pengumuman hari ini, ada sejumlah nama baru yang masuk dalam susunan pemerintahan dan ada pula nama-nama lama yang bergeser posisi.

Dari sejumlah nama baru, ada Sandiaga Uno yang menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wisnutama, Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari P Batubara yang terjerat kasus korupsi, Wahyu Sakti Trenggono Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang juga tersandung korupsi, dan M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto

Baca Juga

Kemudian ada juga Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto dan Yaqut Cholil Qoumas yang ditunjuk sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi.

Lantas seperti apa profil masing-masing nama baru yang masuk dalam pemerintahan Jokowi-Maruf Amin kali ini? Republika mencoba menggali informasi singkat mengenai keenam sosok di atas.

1. Tri Rismaharini

Siapa yang tak kenal sosok yang satu ini? Perempuan yang tahun ini berusia 59 tahun ini sudah banyak dikenal khalayak luas dengan kinerjanya sebagai Wali Kota Surabaya selama 10 tahun, sejak 2010 lalu. Risma memang menjabat jabatan ini dalam dua periode pemerintahan.

Lulusan jurusan arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) ini meniti karier profesionalnya sebagai PNS. Karier politiknya melejit hingga akhirnya sempat menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya.

Selama menjabat Wali Kota Surabaya, Risma pernah menyabet penghargaan prestisius seperti Mayor of The Month atau Wali Kota Terbaik Dunia pada 2014 lalu.

photo
Mantan menteri Sosial Juliari Batubara (kanan) berbincang dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kiri) ketika memantau penyaluran Bantuan Sosial Tunai di Kantor Pos Surabaya, Jawa Timur, Rabu (7/10/2020). Kini, Risma menggantikan posisi Juliari yang tersangkut kasus korupsi di KPK.

2. Sandiaga Salahudin Uno

Nama Sandi, panggilan akrab Sandiaga, semakin mentereng saat dirinya maju dalam Pilpres 2019 lalu bersama Prabowo Subianto. Namun sebelumnya, Sandi sudah lebih dulu sukses menang dalam pemilihan gubernur dan wagub DKI Jakarta pada 2017 bersama Anies Baswedan.

Pada awal kariernya, Sandi adalah bankir profesional. Sandi bekerja di perbankan sejak tahun 1990, kemudian pindah ke perusahaan multinasional di Singapura pada 1993 sampai 1994. Kemudian pada 1995, Sandi sempat bekerja di Kanada sebelum akhirnya pulang ke Tanah Air pada 1997.

Pada 1997, Sandi mendirikan perusahaan penasihat keuangan PT Recapital Edvisors bersama Rosan P Roeslani. Lantas pada 1998, dia bersama Edwin Soeryadjaya mendirikan PT Saratoga Investama Sedaya.

Prestasi Sandi dalam mengelola bisnis membuatnya dipercaya sebagai Ketum HIMPI pada 2005 sampai 2008.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement