Ahad 20 Dec 2020 16:39 WIB

PLN Anjurkan Pelanggan Catat Meteran Listrik Sendiri

Pencatatan meterakn listrik oleh pelanggan ini untuk menghindari kesalahan pencatatan

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Warga memeriksa meteran listrik di rumah (ilustrasi).
Foto: Yasin Habibi/ Republika
Warga memeriksa meteran listrik di rumah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) meluncurkan aplikasi New PLN Mobile. Aplikasi ini bisa digunakan pelanggan untuk bisa melaporkan catatan meteran listrik secara mandiri.

Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan melalui aplikasi ini pelanggan bisa memantau secara pribadi penggunaan listriknya. Tak hanya itu, apabila biasanya PLN mendatangkan petugas ke rumah untuk mencatat meteran pelanggan pasca bayar, melalui aplikasi ini, masyarakat bisa mencatat meterannya secara pribadi.

Baca Juga

"Pelanggan bisa memonitor tagihannya masing masing karena ada catat meter mandiri. Karena dad Covid-19 ada kendala salah catat, kali ini pelanggan bisa melakukan pencatatan secara mandiri, sehingga data lebih akurat," ujar Darmawan di Kantor PLN, Ahad (20/12).

Tak hanya melakukan catatan mandiri, Ia menjelaskan pelanggan juga bisa langsung membayar tagihan listrik langsung melalui aplikasi tersebut. Ia menyebutkan, PLN sudah bekerjasama dengan berbagai fintech dan perbankan untuk memudahkan pelanggan membayar tagihan listrik langsung di telefon genggam.

"Ini terus kami kembangkan. Selain itu, dalam aplikasi ini juga ada notifikasi pemadaman dan pemeliharaan. Ini bukan software aja, tapi jadi superapps biar pelayanan pelanghan lebih cepat dan responsif. Tingkat kepuasaan pelanggan bisa meningkat. Organisasi kami juga kami beeharap bisa lebih kokoh," ujar Darmawan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement