Kamis 10 Dec 2020 02:53 WIB

Biden Tunjuk Pensiunan Jenderal AS Jadi Menteri Pertahanan

Presiden terpilih mengatakan Lloyd Austin adalah definisi seorang patriot

Red: Nur Aini
Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden secara resmi mengumumkan pensiunan Jenderal Lloyd Austin akan menjadi calon pemimpin Departemen Pertahanan
Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden secara resmi mengumumkan pensiunan Jenderal Lloyd Austin akan menjadi calon pemimpin Departemen Pertahanan

 

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden secara resmi mengumumkan pensiunan Jenderal Lloyd Austin akan menjadi calon pemimpin Departemen Pertahanan setelah dia resmi menjabat pada 20 Januari.

Baca Juga

Menulis di majalah Atlantik pada Selasa (8/12), Biden mengatakan Austin adalah seorang prajurit dan pemimpin yang benar dan teruji.

"Saya telah menghabiskan waktu berjam-jam bersamanya, di lapangan dan di Ruang Situasi Gedung Putih. Saya telah meminta nasihatnya, melihat perintahnya dan mengagumi ketenangan dan karakternya. Dia adalah definisi dari seorang patriot," tulis Biden.

Tim transisi Biden mengatakan dalam sebuah pernyataan yang mengkonfirmasi pengumuman bahwa Austin adalah komandan yang sangat berpengalaman dan sangat dihormati yang telah bertugas dengan perbedaan di sejumlah posisi paling penting di Pentagon.

Jika dikonfirmasi oleh Senat, jenderal bintang empat itu akan menjadi menteri pertahanan kulit hitam pertama. Dia sebelumnya juga menjadi pemimpin kulit hitam pertama Komando Pusat AS (CENTCOM), yang mengawasi operasi AS di Timur Tengah.

Austin memimpin CENTCOM dari 2013, dan mengawasi sebagian besar operasi AS untuk menghentikan Daesh/ISIS di Irak dan Suriah. Dia pensiun dari jabatan tersebut pada 2016. Sementara Austin meninggalkan Pentagon empat tahun lalu, tiga tahun lebih pendek dari persyaratan undang-undang tujuh tahun bagi mantan pejabat militer untuk menduduki jabatan teratas Pentagon.

Biden mengatakan dia berharap Kongres akan memberinya keringanan seperti yang terjadi dengan mantan Menteri Pertahanan James Mattis.

"Mengingat ancaman dan tantangan besar dan mendesak yang dihadapi bangsa kita, dia harus segera dikonfirmasi," tulis Biden.

Baru-baru ini, Biden mengumumkan sejumlah pilihan teratas untuk tim kesehatan pemerintahan yang akan datang yang akan memimpin tanggapan Covid-19 di negara itu. Biden menunjuk Jaksa Agung California Xavier Becerra sebagai menteri kesehatan dan layanan kemanusiaan, Dr. Rochelle Walensky sebagai direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dan Dr. Vivek Murthy sebagai ahli bedah.

Selain itu, pakar penyakit menular terkemuka Anthony Fauci, yang sering difitnah dan dikesampingkan oleh Presiden Donald Trump, akan mempertahankan posisinya sebagai direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular sambil menjabat sebagai penasihat kesehatan teratas untuk presiden terpilih.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/biden-tunjuk-pensiunan-jenderal-as-jadi-menteri-pertahanan/2070343
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement