Rabu 09 Dec 2020 05:20 WIB

Juventus Cukur Barcelona 3-0 di Camp Nou

Juventus mengalahkan Barcelona dengan skor 3-0 di Camp Nou.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan
Barcelona Vs Juventus
Foto: ridethewind.wordpress.com
Barcelona Vs Juventus

REPUBLIKA.CO.ID, CATALAN -- Juventus berhasil mengalahkan Barcelona dengan tiga tanpa balas saat bertandang ke Camp Nou guna menjalani pertandingan lanjutan liga Champions grup G. Tambahan tiga angka tersebut mengantarkan Si Nyonya Tua memuncaki klasemen grup G liga Champions.

Gol pembuka Bianconeri dicetak oleh mega bintang Cristiano Ronaldo melalui titik putih saat laga berjalan 13 menit. Hadiah sepakan penalti diberikan setelah Ronald Araujo menjatuhkan pesepakbola asal Portugal itu di kotak terlarang.

Baca Juga

Keunggulan La Vecchia Signora berlipat ganda tujuh menit berselang. Adalah Weston McKennie yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Pemain asal Amerika Serikat itu menjebol gawang yang dikawal Marc-Andre ter Stegen melalui tendangan volley setelah mendapatkan umpan matang Juan Cuadrado. Skor 2-0 untuk kemenangan sementara Juventus di paruh pertama.

Alih-alih mengejar ketertinggalan di babak kedua, Los Cules justru malah semakin kedodoran gol. Adalah Cristiano Ronaldo yang kembali merobek gawang Marc-Andre ter Stegen melalui titik putih.

Hadiah penalti didapatkan setelah Clement Lenglet terbukti melakukan handsball di dalam kotak terlarang dan dikonfirmasi melalui VAR. Dengan tenang eks pemain Real Madrid itu menempatkan bola ke sisi kanan gawang.

Barcelona berupaya mengejar ketertinggalan. Azulgrana terus memberikan tekanan kepada sang jawara Italia. Salah satunya adalah percobaan gol yang dilakukan Lionel Messi pada menit ke-65.

Sayangnya upaya pemain Argentina tersebut yang memanfaatkan umpan Frenkie de Jong masih digagalkan kiper Gianluigi Buffon. Dalam beberapa kesempatan, Messi juga gagal menembus kokohnya gawang yang dikawal Buffon.

Barcelona sebenarnya berpotensi mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-73 saat terjadi pelanggaran di kotak terlarang. Namun pelanggaran tersebut dianulir wasit melalui VAR akibat Antoine Griezmann yang kedapatan offside terlebih dahulu.

Tak mengendurkan serangan, Juventus mendapatkan kesempatan untuk menambahkan gol yang dicetak Leonardo Bonucci pada menit ke-75. Meski demikian, gol tersebut terpaksa dianulir wasit karena Bonucci kedapatan offside setelah dikonfirmasi melalui VAR.

Skor 3-0 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Secara statistik yang dikutip ESPN, Barcelona unggul dalam hal penguasaan bola sebesar 59 persen berbanding 41 persen untuk Juventus.

Anak asuh Ronald Koeman juga mencatatkan lebih banyak percobaan gol. Ada 20 kali sepakan dengan tujuh diantaranya mengarah tepat ke gawang. Sementara Juventus hanya mencetak delapan sepakan dengan empat diantaranya tepat sasaran.

Juve juga terhitung melakukan 15 pelanggaran berbanding 10 bagi Barcelona. Namun Barca mendapatkan empat kartu kuning. Azulgrana juga mendapatkan peluang sepak pojok sebanyak lima kali berbanding satu bagi Juventus.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement