Rabu 09 Dec 2020 05:05 WIB

MU Tersingkir dari Liga Champions Usai Kalah dari Leipzig

RB Leipzig lolos ke babak 16 besar Liga Champions setelah mengalahkan MU.

Pelatih  Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer akan beradu strategi dengan pelatih RB Leipzig Julian Nagelsmann pada pertandingan terakhir penyisihan grup Liga Champions.
Foto: DOK REPUBLIKA
Pelatih Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer akan beradu strategi dengan pelatih RB Leipzig Julian Nagelsmann pada pertandingan terakhir penyisihan grup Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester United menelan kekalahan pada pertandingan terakhir Grup H Liga Champions dengan skor 2-3 dari RB Leipzig dalam pertandingan yang digelar di Stadion Red Bull Arena, Rabu (9/12) dini hari WIB. Hasil ini membuat RB Leipzig lolos ke babak 16 besar Liga Champions, sementara MU tersingkir.

Tertinggal 0-2 dari tuan rumah di babak pertama, The Red Devils langsung tancap gas sejak awal babak kedua. Pelatih MU melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Donny van de Beek dan menarik keluar Alex Telles. Pemainan MU pun lebih berkembang dan berhasil menguasai jalannya pertandingan. Sejumlah peluang dimiliki oleh MU untuk memperkecil ketertinggalan.

Baca Juga

Pada menit ke-56 pelatih Leipzig juga melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Yussuf Poulsen dan Justin Kluivert dan menarik Emil Forsberg serta Dani Olmo. Begitu juga pelatih MU yang akhirnya memasukkan Paul Pogba menggantikan Nemaja Matic dan Brandon Williams menggantikan Luke Shaw. Masuknya sejumlah pemain baru membuat MU lebih garang mengempur pertahanan Leipzig.

Namun, ditengah asyik menyerang, MU justru kembali kebobolan. Melalui skema serangan balik, pemain Leipzig Nkunku berhasil melepaskan umpan silang. Bola sempat membentur pemain Leipzig lainnya. Namun, kesalahan komunikasi terjadi antara Maguire dan De Gea yang tidak langsung mengamankan bola. Justin Kluivert yang berdiri tidak terkawal dengan cepat menyambar bola dan membawa Leipzig unggul 3-0 atas MU.

Tertinggal 3-0, MU terlihat bermain lepas. Hal itu justru membuat MU semakin bisa merepotkan barisan pertahanan Leipzig. Solskjaer kembali melakukan rotasi pemain dengan menarik keluar Aaron Wan-Bissaka serta Victor Lindelof dan memasukkan Timothy Fosu-Mensah dan Axel Tuanzebe. Setan Merah akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan melalui hadiah penalti.

MU memperkecil ketertinggalan melalui hadiah penalti pada menit ke-80 setelah Greenwood dilanggar oleh pemain belakang Leipzig. Bruno Fernandes yang menjadi eksekutor sukses melaksanakan tugasnya. MU 1-3 Leipzig. Asa pemain MU semakin besar setelah mampu mencetak gol kedua melalui Paul Pogba pada menit ke-82.

Berhasil memperkecil ketertinggalan 2-3, MU semakin gencar menyerang sementara Leipzig beberapa kali mengancam melalui serangan balik. MU nyaris menyamakan kedudukan pada akhir babak kedua setelah pemain Leipzig hampir saja melakukan gol bunuh diri. Namun, hingga peluit panjang dibunyikan skor tidak berubah, Leipzig menang dengan skor 3-2 atas MU.

Dengan hasil ini, Leipzig memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Berdasarkan statistik, MU menguasai jalannya pertandingan dengan total 56 persen pengusaan bola, sementara Leipzig total 44 persen penguasaan bola. Sepanjang pertandingan, MU melepaskan 19 tembakan dan delapan di antaranya tepat sasaran. Sementara, Leipzig hanya melepaskan sembilan tembakan dengan empat di antaranya tepat sasaran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement