Rabu 09 Dec 2020 03:50 WIB

Babak Pertama, MU Tertinggal 0-2 dari Leipzig

Manchester United (MU) tertinggal 0-2 dari Leipzig di babak pertama.

Pelatih  Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer akan beradu strategi dengan pelatih RB Leipzig Julian Nagelsmann pada pertandingan terakhir penyisihan grup Liga Champions.
Foto: DOK REPUBLIKA
Pelatih Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer akan beradu strategi dengan pelatih RB Leipzig Julian Nagelsmann pada pertandingan terakhir penyisihan grup Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- RB Leipzig membuka asa lolos ke babak 16 besar Liga Champions setelah berhasil unggul 2-0 pada babak pertama atas Manchester United, dalam pertandingan terakhir babak penyisihan Grup H di Stadion Red Bull Arena Leipzig, Rabu (9/12) dini hari WIB. Sementara bagi Setan Merah, peluang mereka untuk lolos semakin berat.

Bermain di kandang, Leipzig langsung mengambil inisiatif menyerang. Hasilnya, pertandingan baru berlangsung dua menit, Leipzig berhasil membobol gawang MU. Berawal dari skema serangan yang dibangun dari lapangan tengah, Sabitzer mengirimkan umpan silang dari kanan ke sisi kiri kotak penalti MU. Umpan silang tersebut gagal diantisipasi dan mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Angelino. Pemain pinjaman Manchester City itu melepaskan tembakan yang tak bisa dibendung oleh De Gea. Leipzig 1-0 MU.

Baca Juga

Unggul satu gol, Leipzig terlihat semakin mampu mengontrol jalannya pertandingan. Angelino kembali mempunyai peluang untuk mencatatkan namanya dipapan skor, namun usahanya gagal. Sementara serangan-serangan MU, terkesan nyaris tak membahayakan gawang Leipzig.  Gawang MU kembali kebobolan pada menit ke-13. Melalui skema serangan balik, Angelino mengirimkan umpan silang ke Haidara yang tidak dikawal. Dengan mudah, Haidara melepaskan tembakan yang menambah keunggulan Leipzig menjadi 2-0. 

Leipzig yang kerap melepaskan umpan-umpang silang terlihat merepotkan barisan pertahanan MU. Lagi-lagi, gawang De Gea nyaris kebobolan setelah pemain Leipzig Forsberg dengan bebas mampu melepaskan tembakan, beruntung bola melenceng. Leipzig kembali mampu membobol gawang De Gea pada menit ke-30, namun hakim menganulir gol tersebut karena pemain Leipzig terlebih dulu offside.

Hingga babak pertama usai skor tidak berubah, Leipzig unggul 2-0 atas MU. Dari sisi penguasaan bola kedua tim nyaris seimbang dengan 53 persen untuk Leipzig dan 47 persen untuk MU. Kedua tim juga sama-sama melepaskan enam tembakan percobaan ke arah gawang, namun Leipzig lebih efektif karena dua diantarannya berhasil menjadi gol. Sementara MU hanya punya satu tembakan yang tepat sasaran. Jika hasil ini bertahan, Leipzig dipastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions, sementara MU harus puas tersingkir ke Liga Europa.

Susunan pemain:

Leipzig: 

Gulácsi, Mukiele, Orban, Konate, Angelino, Haidara, Sabitzer, Kampl, Olmo, Nkunku, Forsberg

Manchester United:

De Gea, Lindelof, Maguire, Shaw, Wan-Bissaka, Matic, McTominay, Bruno, Telles, Greenwood, Rashford

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement