Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Ulang Tahun, Jin BTS Rilis Lagu ‘Abyss’

Jumat 04 Dec 2020 08:10 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Personel BTS, Jin, meluncurkan lagu baru berjudul Abyss menjelang ulang tahunnya.

Personel BTS, Jin, meluncurkan lagu baru berjudul Abyss menjelang ulang tahunnya.

Foto: EPA
Jin BTS ungkap perasaan sedihnya lewat lagu 'Abyss'.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Jin BTS merayakan ulang tahun pada 4 Desember. Saat perayaan hari lahirnya ke-28 (hitungan internasional), Jin menghadiahi penggemar dengan lagu baru.

Jin merilis lagu solo barunya "Abyss" tepat dua jam sebelum waktu menunjukkan tengah malam peringatan tanggal lahirnya. Kredit lagu mencantumkan produser sebagai Bumzu (Bumzu, Jin, RM, dan Pdogg).

Di situs grup BTS, Jin menuliskan perasaannya kepada penggemar. Jin memulai dengen kata-kata yang pernah diucapkan saat konferensi pers beberapa waktu lalu.

“Saya tidak ingin berbagi perasaan sedih saya dengan penggemar saya,” kata dia dilansir Soompi, Kamis (3/12).

Pemilik nama lengkap Kim Seok-jin itu menjelaskan hanya ingin menunjukkan hal-hal baik kepada penggemarnya. Namun, berbeda ceritanya jika soal musik.

“Saya tidak ingin membagikannya melalui tindakan biasa saya, tapi saya rasa tidak masalah untuk menunjukkannya (hal sedih) melalui musik,” ujar Jin.

Sejujurnya, Jin menjelaskan bahwa belum lama ini dia merasa sangat lelah. Awalnya, dia berpikir perasaan itu lantaran dirinya punya banyak pemikiran.

Jin mengatakan menerima banyak ucapan selamat, setelah mencapai posisi No. 1 di Hot 100 Billboard. Namun, dia malah bertanya-tanya apakah tidak masalah dirinya menerima ucapan seperti itu.

“Sejujurnya ada banyak orang yang mencintai musik lebih dari saya dan lebih baik dalam musik daripada saya, jadi apa tidak apa-apa bagi saya untuk merasakan kebahagiaan ini dan diberi selamat seperti ini? Itulah yang saya pikirkan, dan melangkah lebih jauh ke dalamnya membuat saya merasa bermasalah, jadi saya ingin meletakkan semuanya,” kata Jin.

Kemudian, Jin melakukan konseling tentang perasaannya itu, setelah beberapa waktu berbicara dengan Bang PD (Bang Si-hyuk). Awalnya, Jin menjawab pertanyaan Bang PD tentang apa saja yang dia pikirkan kemudian ia mendapat saran untuk menuliskan perasaannya itu dalam sebuah lagu.

Saat itu, Jin menjawab bahwa dirinya tidak merasa yakin bisa melakukannya dengan baik. Jin mengku khawatir hasil akhirnya mungkin tidak bagus, karena dia merasa berada di posisi yang tidak dapat diterima.

Baca Juga

Di lain sisi, Jin mengatakan, Bang PD meyakinkannya bahwa kekhawatiran yang belum terjadi itu bukan hal penting. Karena itu, Jin menerima saran Bang PD dan meyakini bisa melakukannya dengan baik. Bahkan, Jin meyakinkan bahwa lagunya akan bertemu orang yang tepat.

“Begitulah cara saya bertemu dengan komposer Gye Beom-ju (Bumzu) dan kami berbicara banyak tentang perasaan saya sekarang, dan banyak hal lainnya,” ujar Jin.

Jin memuji Bumzu sebagai orang yang cerdas dan optimistis. Jin mengatakan, Bumzu ingin membantunya dengan memintanya menulis tentang kekhawatirannya. Jika tidak berhasil, Jin mengatakan, Bumzu meyakinkannya untuk memulai lagi.

“Kepositifannya mencerahkan saya lagi. Kami berbicara tentang banyak hal dan dia membuat lagu saat itu juga tentang perasaan saya saat ini dan ‘Abyss’ diselesaikan setelah menggunakan lagu tersebut untuk menulis tentang hal-hal yang ingin saya coba ungkapkan. Saya ingin berterima kasih kepada Gye Beom-ju sekali lagi,” kata Jin.

Jin mengatakan “Abyss” adalah lagu sedih yang tidak cocok untuk ulang tahun. Namun, dia merasa lagu itu akan aneh dirilis saat bukan ulang tahunnya.

“Jadi saya merilis ‘Abyss.’ Army, tolong dengarkan baik-baik, meski kurang. Terima kasih kepada leader kami yang menulis lirik chorus,” ujar Jin menutup pesannya itu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA