Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

KPU Sumbar Mulai Distribusikan Logistik Pilkada

Selasa 01 Dec 2020 11:22 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Ratna Puspita

[Ilustrasi Kotak Suara Pilkada 2020] Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat sudah mulai mendistribusikan logistik Pilkada ke daerah kabupaten dan kota.

[Ilustrasi Kotak Suara Pilkada 2020] Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat sudah mulai mendistribusikan logistik Pilkada ke daerah kabupaten dan kota.

Foto: ANTARA/Adwit B Pramono
Pilkada serentak 2020 akan berlangsung pada Rabu (9/12) pekan depan.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat sudah mulai mendistribusikan logistik Pilkada ke daerah kabupaten dan kota. Logistik yang sudah didistribusikan seperti surat suara untuk pemilihan gubenur dan wakil gubernur. 

"Untuk surat suara gubernur dan wakil gubernur juga sudah didistribusikan. Kalau surat suara wali kota wakil wali kota dan bupati wakil bupati itu sudah ada di KPU kabupaten/kota," kata Ketua KPU Sumatera Barat Yanuk Sri Mulyani, Selasa (1/12). 

Pilkada serentak 2020 akan berlangsung pada Rabu (9/12) pekan depan. Di Sumbar, ada penyelenggaran 14 pilkada terdiri dari satu pilkada tingkat provinsi dan 13 pilkada tingkat kabupaten/kota.

Baca Juga

Yanuk mengatakan, masih ada logistik Pilkada yang belum didistribusikan ke daerah seperti sampul suara. Sementara untuk kota suara, bilik suara dan perlengkapannya sudah ada di masing-masing KPU kabupaten/kota. 

"Surat suara sudah sampai di daerah-daerah, sekarang tinggal kabupaten kota melanjutkan seperti melakukan sortir, pelipatan surat suara, dan pengepakan," ucap Yanuk.

Dalam pendistribusian, KPU Sumbar memberikan perhatian khusus untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kota Padang. Kabupaten Kepulauan Mentawai karena geografis daerah kepulauan, sedangkan Kota Padang karena memiliki daftar pemilih dan tempat pemungutan suara (TPS) paling banyak di Sumbar. 

KPU Sumbar telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pilkada 2020 sebanyak 3.719.429 jiwa. Pemilih menyalurkan hak pilihnya di 12.548 TPS yang tersebar di 19 kabupaten kota di Sumbar.

 
 

BERITA LAINNYA