Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Tim Transisi Biden Koordinasi dengan Pemerintahan Trump

Rabu 25 Nov 2020 11:59 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih

 Presiden terpilih Joe Biden menghadiri briefing keamanan nasional di The Queen theater, Selasa, 17 November 2020, di Wilmington, Del.

Presiden terpilih Joe Biden menghadiri briefing keamanan nasional di The Queen theater, Selasa, 17 November 2020, di Wilmington, Del.

Foto: AP Photo/Andrew Harnik
Tim transisi Biden bisa berkoordinasi dengan pemerintahan Trump sejak Senin (23/11)

REPUBLIKA.CO.ID, WILMINGTON -- Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah bergerak cepat untuk mengumpulkan timnya dan membuat pilihan Kabinet sebelum dilantik pada 20 Januari. Biden menyatakan timnya telah dapat mulai berkoordinasi dengan pemerintahan Donald Trump tentang keamanan nasional, pandemi virus corona, dan rencana distribusi vaksin sejak Senin (23/11).

"Kami tidak akan terlalu jauh di belakang kurva seperti yang kami duga di masa lalu. Ada banyak diskusi langsung, dan harus saya katakan, penyuluhannya dilakukan dengan tulus,"  kata Biden dalam wawancara dengan NBC News.

Para kritikus mengatakan penolakan Trump untuk menerima hasil pemilihan presiden melemahkan kemampuan pemerintahan yang akan datang untuk memerangi pandemi virus corona. Namun, Gedung Putih memberi izin kepada Biden untuk mulai menerima pengarahan intelijen harian presiden. Biden mengatakan tidak mendapatkannya pada awal pekan ini, tetapi mengharapkannya secara teratur.

"Mari kita mulai pekerjaan itu ... untuk menyembuhkan dan mempersatukan Amerika serta dunia," ujar Biden.

Beberapa senator Republik mengindikasikan kesiapan untuk menghalangi pengangkatan kabinet Biden. Anggota Komite Hubungan Luar Negeri, Marco Rubio, menulis di Twitter bahwa kabinet Biden akan menjadi penjaga yang sopan dan tertib untuk kemunduran Amerika.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA