Kamis 19 Nov 2020 18:10 WIB

Restorasi Masjid Vanikoy yang Terbakar Selesai Dua Tahun

Masjid Vanikoy merupakan masjid di tepi laut berusia 350 tahun di Bosphorus, Turki.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Restorasi Masjid Vanikoy yang Terbakar Selesai Dua Tahun. Masjid Vanikoy
Foto: AP
Restorasi Masjid Vanikoy yang Terbakar Selesai Dua Tahun. Masjid Vanikoy

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Masjid Vanikoy merupakan masjid di tepi laut berusia 350 tahun di Bosphorus, Turki. Masjid yang terbakar pada 15 November 2020 itu akan dibuka untuk beribadah setelah restorasi selama 700 hari.

"Dalam 10 hari, pemeriksaan pertama akan selesai, dan kami perkirakan dalam dua tahun proyek restorasi akan selesai," kata Gubernur Istanbul, Ali Yerlikaya pada 17 November 2020.

Baca Juga

Saat memanggil penduduk Istanbul, Yerlikaya menegaskan agar yakin Masjid Vanikoy akan dibangun kembali seperti aslinya. Menurut catatan resmi, Masjid Vanikoy terbakar oleh api yang dipicu sistem kelistrikan yang lemah. 

"Masjid akan diperbaiki jika tidak terbakar, proyek pembaruan masjid telah dikirim ke pejabat pada 2 November. Sayangnya, kebakaran terjadi," kata Yerlikaya, dilansir di Hurriyet Daily News, Kamis (19/11)..

Masjid Vanikoy, yang terletak di distrik Uskudar di Istanbul, dibangun pada 1670 oleh Vani Mehmet Efendi dan dinamai sesuai dengan konstruktornya. Dengan hanya satu menara dan balkon menara, masjid persegi panjang ini sebagian besar terbuat dari kayu.

Sebelumnya, Departemen Pemadam Kebakaran Istanbul mengatakan kebakaran yang melanda Masjid Vanikoy disebabkan korsleting listrik. Kebakaran di masjid abad ke-17 tersebut terjadi pada Ahad (15/11) pukul 13.30 waktu setempat.

Menurut pemadam kebakaran, kobaran api berasal dari kabel listrik dan kemudian menyebar ke seluruh bangunan. Konstruksi masjid yang terbuat dari kayu mempercepat nyala api. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement