Rabu 18 Nov 2020 18:18 WIB

Korsleting Listrik Penyebab Kebakaran Masjid Vanikoy

Masjid Vanikoy yang bersejarah di Istanbul rusak parah akibat kebakaran.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Korsleting Listrik Penyebab Kebakaran Masjid Vanikoy. Masjid Vanikoy
Foto: AP
Korsleting Listrik Penyebab Kebakaran Masjid Vanikoy. Masjid Vanikoy

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Departemen Pemadam Kebakaran Istanbul mengatakan kebakaran yang melanda Masjid Vanikoy yang bersejarah di Istanbul, Turki disebabkan korsleting listrik, Selasa (17/11). Kebakaran di masjid abad ke-17 di sepanjang Bosphorus di distrik Uskudar tersebut terjadi sekitar pukul 13.30 waktu setempat pada Ahad (15/11).

Menurut pemadam kebakaran, kobaran api berasal dari kabel listrik dan kemudian menyebar ke seluruh bangunan. Konstruksi masjid yang terbuat dari kayu mempercepat nyala api.

Baca Juga

Puluhan petugas pemadam kebakaran dan beberapa kendaraan telah dengan sigap segera dikerahkan ke lokasi kejadian. Namun, masjid ikon Istanbul itu mengalami kerusakan yang cukup parah.

Mendengar tentang kebakaran tersebut, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan menyatakan dia sedih dengan insiden yang tidak menguntungkan tersebut. Ia lantas berjanji mengembalikan masjid tersebut ke kejayaannya seperti semula dengan melakukan restorasi di masjid tersebut.

 

"Kami berharap masjid akan direstorasi sesuai dengan tekstur sejarah dan asalnya, meninggalkan warisan untuk generasi mendatang," kata Erdogan, dilansir di Daily Sabah, Rabu (18/11).

Masjid satu menara ini dibangun oleh seorang cendekiawan Turki Vani Mehmet Efendi pada 1670, pada masa pemerintahan Ottoman Sultan Mehmed IV. Bangunan masjid ini sebagian besar terbuat dari kayu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement