Senin 16 Nov 2020 13:45 WIB

Perbandingan Mobil Ratu Elizabeth dan Kanselir Jerman

Ratu Elizabeth II menggunakan Bentley State Limousine.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Bentley State Limousine.
Foto: Wikipedia
Bentley State Limousine.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK--Pimpinan sebuah negara identik dengan kendaraan kelas satu. Selain mewah dan nyaman, kendaraan pimpinan negara juga harus memiliki sejumlah fitur keamanan. Tak heran, perpaduan itu pun membuat kendaraan tersebut memiliki harga yang fantastis.

Hal ini pun memantik ide Motor Easy untuk mencoba membandingkan sejumlah kendaraan pimpinan negara. Dilansir dari Car and Driver pada Senin (16/11), saat ini Ratu Elizabeth II menggunakan Bentley State Limousine sebagai penunjang mobilitiasnya.

Baca Juga

Sebagai mobil spesial, mobil itu pun hanya ada dua di dunia dan semuanya merupakan milik Ratu Elizabeth II. Mobil mewah bergaya klasik dengan tenaga 400 daya kuda itu sendiri diperkirakan memiliki nilai sebesar 12 juta dolar AS.

Di Inggris, mobil terlaris adalah Ford Fiesta yang dipasarkan dengan harga sekitar 22.500 dolar AS. Jika dibandingkan dengan harga mobil Ratu Elizabeth II, maka Fiesta lebih murah 533 kali dibanding Bentley State Limousine.

Sementara itu, Kanselir Jerman, Angela Merkel lebih memilih untuk menggunakan salah satu produk kebanggaan Jerman yakni Audi A8 L Security. Mobil 563 daya kuda itu pun dibekali dengan sejumlah fitur mulai dari pelindung radiator dan emergency-exit system.

Nah, jika di Jerman, mobil terlaris adalah VW Golf. Dengan harga sekitar 30 ribu dolas AS, artinya satu unit Audi A8 L Security dengan harga 750 ribu dolar AS itu dapat digunakan untuk membeli 25 unit VW Golf.

Hal unik soal mobil pimpinan negara terdapat pada negara Selandia Baru. Karena, Perdana Menteri Selandia Baru bernama Jacinda Ardern. Demi dapat menggelorakan penggunaan electric vehicle (EV), Jacinda Ardern memutuskan untuk mengganti kendaraan dinasnya dengan mobil listrik.

Sebelumnya, Jacinda Ardern menggunakan BMW 7 Series dengan mesin diesel. Kini, ia memutuskan untuk menggunakan Hyundai Ioniq Electric demi dapat membuktikan bahwa EV merupakan sebuah kendaraan yang tangguh dan fungsional.

Di Selandia Baru, mobil terlaris ditempati oleh Ford Ranger yang dipasarkan dengan harga sekitar 29 ribu dolar AS. Artinya, mobil yang digunakan Perdana Menteri Selandia Baru hanya sedikit lebih mahal karena Hyundai Ioniq Electric dipasarkan dengan harga sekitar 44 ribu dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement