Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Eks Penyerang Madrid Kritik Wasit dan VAR

Senin 09 Nov 2020 17:37 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Pemain Valencia Carlos Soler (ketiga kiri) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Real Madrid lewat titik putih. Valencia mengalahkan Madrid 4-1.

Pemain Valencia Carlos Soler (ketiga kiri) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Real Madrid lewat titik putih. Valencia mengalahkan Madrid 4-1.

Foto: EPA-EFE/Kai Foersterling
Real Madrid tumbang 1-4 dari Valencia lewat tiga gol penalti.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Mantan penyerang timnas Spanyol Emilio Butragueno angkat bicara soal tiga penalti yang diberikan wasit Gil Manzano dan tinjauan VAR, saat Valencia mengalahkan Real Madrid 4-1 di Estadio Mestalla, Valencia, Senin (9/11) dini hari. Butragueno menilai, wasit harusnya lebih jeli melihat momen terciptanya gol secara keseluruhan.

"Kami paham bahwa ada intervensi VAR di sana. Namun jika mereka melihat permainan dari awal mereka seharusnya sadar ada pelanggaran pada Marco Asensio saat (Valencia) membangun serangan pada gol kedua," kata Butragueno kepada Marca, dikutip dari Football Espana, Senin (9/11).

Baca Juga

Valencia unggul 2-1 pada babak pertama. Gol pembuka Los Che berasal dari titik putih. Tuan rumah kembali mendapatkan penalti. Mantan penyerang Real Madrid ini menuding wasit ingin memberikan hukuman untuk Los Blancos. Wasit, kata dia, melihat dari sudut pandang berbeda dalam pertandingan yang rumit. Butragueno menilai penalti kedua seharusnya tidak terjadi.

"Itu memalukan karena kami sangat baik di lapangan. Namun ada permainan yang kasar terkait penalti dan intervensi VAR di gol kedua," jelas Butragueno, yang sekarang menjabat sebagai Direktur Hubungan Antarlembaga Real Madrid.

Karim Benzema sempat membawa Madrid unggul lebih dulu, sebelum Valencia membalikan keadaan dengan tiga penalti dan satu gol bunuh diri. Carlos Soler menyamakan kedudukan untuk tuan rumah dari titik putih, sebelum Raphael Varane membuat gol bunuh untuk mengubah skor jadi 2-1. Soler kemudian mencetak gol dari penalti kedua pada menit 54, sebelum menambah gol lagi pada menit ke-64.

Kekalahan ini membuat Madrid turun ke posisi empat dengan nilai 16, tertinggal empat angka dari pemuncak klasemen Real Sociedad. Sementara Valencia naik ke posisi sembilan dengan nilai 11.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA