Jumat 06 Nov 2020 23:30 WIB

200-an UMKM Jawara Belajar Kilat Fotografi Pakai Smartphone

Jawara Depok menghadirkan Owner Bhre Production, Dimas Rahmat Pamungkas.

Sejumlah pelaku UMKM mengikuti webinar dengan tema belajar foto produk pakai smartphone yang dibawakan oleh Owner Bhre Production, Dimas Rahmat Pamungkas, Kamis (5/11).
Foto: Tangkapan layar
Sejumlah pelaku UMKM mengikuti webinar dengan tema belajar foto produk pakai smartphone yang dibawakan oleh Owner Bhre Production, Dimas Rahmat Pamungkas, Kamis (5/11).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sedikitnya 200-an pelaku UMKM yang tergabung dalam Jaringan Wirausaha (Jawara) Depok mengikuti sesi belajar singkat fotografi menggunakan smartphone. Belajar singkat fotografi ini merupakan rangkaian acara webinar yang digagas Jawara Depok, Jawa Barat.

Webinar kali ini menyentuh sisi teknis dari kebutuhan para UMKM dalam pemasaran produk, yaitu foto produk. Karena itu, materi bertema 'Bikin Konten Foto Produk Layaknya Pro Hanya Pakai Smartphone' pun diikuti cukup banyak peminat. 

Baca Juga

Peserta webinar terlihat sangat antusias dalam mengikuti webinar kali ini. Wakil Ketua Jawa Depok, Rudi Sahputra mengatakan, tampilan visual memang diperlukan bagi level UMKM untuk menarik perhatian konsumen. Jika foto-foto produk yang ditawarkan kurang menarik, maka akan berpengaruh pada jumlah pendapatan. "Itulah mengapa kami memberikan pelatihan ini kepada bapak-ibu pengusaha UMKM, khususnya yang masih belum memahami seluk-beluk dunia pemotretan melalui handphone,” ujar Rudi, Kamis (5/11).

Pada acara webinar ini, Jawara Depok mengundang Owner Bhre Production, Dimas Rahmat Pamungkas, untuk memberikan ilmunya dalam hal fotografi. Dimas menjelaskan, fotografi bisa dilakukan secara sederhana oleh pelaku usaha UMKM, tanpa perlu menggunakan kamera canggih atau aplikasi memotret. 

“Membuat foto dan video bisa menggunakan smartphone, tidak perlu menggunakan kamera yang canggih. Banyak rekan pengusaha yang sudah bisa menghasilkan foto bagus untuk produknya hanya mengandalkan smartphone karena sudah mengerti caranya, bahkan tanpa menggunakan aplikasi foto,” ujar Dimas. 

Dimas memberikan banyak ilmu mengenai teknik-teknik dasar fotografi dengan menggunakan telepon genggam. Seperti mengenai tata letak, exposure, pencahayaan, hingga alas dan background. Dimas juga memperlihatkan beberapa contoh hasil foto para peserta UMKM yang pernah mengikuti pelatihan fotografi sederhana.  “Perhatikan cahaya dan alas serta background saat melakukan pemotretan. Bahkan, bapak-ibu juga bisa menggunakan properti rumah tangga yang tersedia di rumah, jadi tidak perlu membeli,” sambungnya.   

Jawara Depok merupakan komunitas untuk memajukan UKM Depok yang mempertemukan pelaku UMKM dengan pelaku profesional. Jawara Depok rutin memberikan program-program yang dapat meningkatkan potensi usaha di masa depan serta memperluas jaringan pemasaran produk pelaku UMKM Indonesia khususnya di Depok. Seperti mentoring, forum, dan kegiatan-kegiatan online serta offline untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi usaha.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement