Sabtu 07 Nov 2020 05:01 WIB

Cara Bersikap kepada Orang Tua Non-Muslim

Islam mengajarkan umat Muslim senantiasa bersikap baik kepada orang tua.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Cara Bersikap kepada Orang Tua Non-Muslim. Orang tua dan anak (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Cara Bersikap kepada Orang Tua Non-Muslim. Orang tua dan anak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbakti dan taat kepada orang tua merupakan hal utama yang diajarkan dalam agama Islam. Namun  bagaimana menghadapi orang tua yang berbega agama dan seringkali berusaha menyesatkan kita untuk ingkar kepada ajaran Allah?

Dilansir di About Islam, mantan presiden Islamic Society of North America, Muzammil H. Siddiqi mengatakan, Islam tidak pernah menghentikan hubungan orang tua dan anak meskipun berbeda agama. Islam sangat menganjurkan anak selalu berbakti kepada orang tua mereka selama tidak mengajak mengingkari Allah.

Baca Juga

"Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu tidak menyembah siapa pun kecuali Dia, dan hendaklah kamu berbuat kebaikan kepada orang tua. Jika salah satu dari mereka atau keduanya mencapai usia tua bersamamu, maka jangan katakan 'Fie' kepada mereka atau menolak mereka, tetapi berkatalah kata yang ramah kepada mereka," (QS. Al-Israa ayat 23).

Seperti dikisahkan, putri Abu Bakar RA, Asmaa memiliki seorang ibu non-Muslim yang tinggal di Makkah, sedangkan Asmaa telah bermigrasi dengan ayahnya dan seluruh umat Islam ke Madinah. Setelah perjanjian Hudaibiyah, mereka bisa saling mengunjungi. Ibunya datang ke Madinah untuk mengunjungi Asmaa. Dia menginginkan beberapa hadiah dan sumbangan dari anaknya.

Asmaa lantas bertanya kepada Rasulullah terkait permintaan ibunya karena ia tahu ibunya sangat membenci Islam. Nabi SAW kemudian bersabda. "Ya, lakukan tindakan kebaikan padanya," (Al-Bukhari, Muslim dan Abu Dawud).

Allah berfirman, "Dan jika keduanya memaksamu mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Maka kepada-Ku kamu kembali, dan Aku akan memberi tahu kamu apa yang bisa kamu lakukan," (QS. Al-Lukman ayat 15).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement