Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

Komplikasi Covid-19, Scarface Cari Donor Ginjal Via Twitter

Jumat 09 Oct 2020 15:00 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Rapper Brad Terrence Jordan alias Scarface mengalami komplikasi Covid-19.

Rapper Brad Terrence Jordan alias Scarface mengalami komplikasi Covid-19.

Foto: Instagram
Scarface menyayangkan masih banyak orang yang meremehkan Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, HOUSTON -- Rapper Amerika Serikat, Scarface, mencari donor ginjal via media sosial Twitter. Pelantun lagu "Smile" itu membutuhkan organ baru setelah diketahui mengidap gagal ginjal akibat komplikasi Covid-19.

"Aku butuh ginjal, adakah yang mau jadi sukarelawan?" tulis Scarface pada cicitannya, Kamis (8/10).

Scarface menginformasikan bahwa sukarelawan harus memiliki golongan darah B+ agar bisa menjadi pendonor. Pemilik nama asli Brad Terrence Jordan itu diketahui positif corona pada Maret 2020. Kini dia sudah dinyatakan pulih dari Covid-19, tetapi pertarungan melawan penyakit itu malah merusak ginjalnya.

Unggahan Scarface mencari pendonor rupanya mendapat respons positif. Banyak warganet membalas cicitan mantan anggota grup hip-hop Geto Boys itu. Tidak sedikit yang bersedia menjadi pendonor dan menawarkan diri.

Seorang penggemar merasa ingin membalas budi karena musik Scarface menyelamatkannya dari depresi. "Musikmu berbicara kepadaku lebih dari musisi mana pun sebelumnya. Belajar mengelola depresi secara terbuka karenamu," tulisnya.

Sejumlah orang juga menawarkan diri dengan mengatakan golongan darah mereka B+. Ada juga seorang warganet yang sangat ingin membantu, tapi tidak bisa karena dirinya sendiri mengidap penyakit parah dan butuh bantuan.

"Aku B+ tapi mengidap Lupus dan sepertinya juga butuh donor. Aku akan me-retweet unggahan ini dan berdoa untuk dirimu, aku, dan semua orang yang membutuhkan. Semoga kalian diberkati," tulis warganet itu.

Scarface menyampaikan beberapa bulan silam bahwa dia tertular Covid-19. Dia sakit selama beberapa pekan dan dua kali dirawat di rumah sakit sebelum dinyatakan positif terinfeksi virus corona tipe baru, SARS-CoV-2. Dia menceritakan semuanya dalam obrolan dengan rapper Willie D.

Semua dimulai dengan pneumonia di kedua paru-parunya, lantas ginjalnya gagal berfungsi tiga atau empat hari setelahnya. Kondisi itu demikian menyiksa sampai pada suatu titik Scarface merasa dirinya akan meninggal dunia.

Scarface menyayangkan masih banyak orang yang menganggap Covid-19 adalah permainan atau lelucon, padahal sama sekali bukan. Musisi 49 tahun itu memperingatkan penggemar untuk mematuhi pedoman kesehatan dengan serius.

Menurut Scarface, penyakit ini tidak main-main. Dia melihat dan mengalami sendiri buktinya. Scarface yang tidak memiliki masalah ginjal sebelum tertular Covid-19, sekarang sangat mengandalkan perawatan dialisis.

"Ini garis baru dalam hidupku. Aku harus mengubah seluruh pola makan, melakukan cuci darah empat hari sepekan, tiga jam sehari. Mengeluarkan semua darah, membersihkannya, dan memasukkannya kembali ke tubuhku," ujarnya, dikutip dari laman Ace Showbiz.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA