Jumat 09 Oct 2020 01:59 WIB

Fosil T.rex Paling Lengkap Terjual Rp 476 Miliar

Fosil T.rex berusia 67 juta tahun itu dibeli oleh seorang penawar anonim.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
T-Rex
Foto: Skynews
T-Rex

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Spesimen Tyrannosaurus rex yang hampir lengkap, dijuluki sebagai Stan telah dijual dengan harga rekor dunia sebesar 31,8 juta dolar AS atau sekitar Rp 476 miliar. Fosil berusia 67 juta tahun itu dibeli oleh seorang penawar anonim, dalam penjualan yang diselenggarakan oleh Christie’s di New York, Amerika Serikat (AS).

Pada awalnya, harga yang ditawarkan untuk fosil ini adalah 6 hingga 8 juta dolar AS. Namun, dengan cepat tawaran terus meningkat serien g berjalannya lelang online.

Baca Juga

Spesimen Tyrannosaurus rex telah melampaui rekor sebelumnya untuk T.rex yang terkenal sebagai Sue pada 1997, dengan harga qual 8,4 juta dolar AS. Sementara Christie's menolak untuk membocorkan nama pemilik yang memenangkan lelang. Beberapa rincian lebih lanjut tentang masa depan dino dapat muncul dalam beberapa hari ke depan.

Tawaran yang menang sebenarnya adalah 27,5 juta dolar AS. Namun,  komisi dan biaya tambahan lainnya membuat harga akhir menjadi 31,8 juta dolar AS. Penemu spesimen Tyrannosaurus rex pada awalnya adalah seorang paleontolog amatir bernama Stan Sacrison.

Sacrison pertama kali melihat sisa-sisa jasad dinosaurus pada 1987, keluar dari sedimen di Formasi Hell Creek yang menghasilkan fosil di South Dakota. Stan dianggap  sebagai salah satu spesimen T. rex terbaik yang pernah ada.

Spesismen ini terdiri dari 188 tulang yang telah menjalani serangkaian tes dan investigasi. Kerusakan kerangka menunjukkan bahwa dinosaurus terlibat dalam sejumlah pertempuran selama hidupnya.

"Stan dengan cepat menjadi 'Stan-dard' untuk T. rex, mengingat ada begitu banyak cetakan dari fosil luar biasa ini yang telah dijual di seluruh dunia," ujar pakar dinosaurus Inggris Phil Manning yang telah mengerjakan spesimen tersebut dalam sebuah komentar, dilansir BBC, Kamis (8/10).

Manning mengatakan jika Anda pernah melihat T. rex di museum, kemungkinan besar itu adalah pemeran Stan. Tengkorak itu mungkin yang paling baik diawetkan, karena ditemukan sebagai elemen yang terisolasi, disiapkan dengan hati-hati, dan direkonstruksi dengan indah.

"Saya terus berharap bahwa fosil yang luar biasa ini tetap berada di domain publik untuk dinikmati semua orang," jelas Phil.

Stan telah dipamerkan di Institut Penelitian Geologi Black Hills South Dakota sejak akhir 1990. Dengan penjualan itu datang hak kekayaan intelektual tertentu, tetapi pemilik baru telah ditolak izinnya untuk membuat cetakan atau cetakan 3D di masa depan, atau untuk menjual barang dagangan terkait secara daring.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement