Jumat 25 Sep 2020 12:02 WIB

Fosil Raksasa Gajah Purba Ditemukan di Tambang Emas Kolombia

Para ahli menemukan gading gajah sepanjang 110 cm.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Fosil gajah purba ditemukan di Kolumbia.
Foto: cnn
Fosil gajah purba ditemukan di Kolumbia.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA -- Fosil mastodon, kerabat hewan prasejarah yang seperti gajah masa kini telah ditemukan di sebuah tambang emas di Kolombia tengah.

Penambang emas yang bekerja di terowongan dekat kota Quinchia, di provinsi Risaralda, menemukan apa tulang pada hari Selasa (22/9).

Baca Juga

Penemuan ini adalah yang pertama dari jenisnya di provinsi itu. Sebelumnya, kerangka mastodon juga telah ditemukan di provinsi Cundinamarca dan Valle del Cauca, serta di sepanjang pantai Atlantik Kolombia.

"Hewan-hewan ini menarik perhatian karena ukurannya yang besar - tulang raksasa tidak luput dari perhatian," kata Carlos Lopez, antropolog di sebuah universitas di ibu kota Risaralda, Pereira, dilansir di CNN, Jumat (25/9).

"Kami benar-benar membutuhkan mesin waktu untuk memikirkan seperti apa mereka dan bagaimana mereka hidup, dan apakah manusia hidup berdampingan dengan mereka," kata dia.

Para ahli mempelajari kerangka mastodon dan memindahkan yang masih berada di dalam tambang. Mereka melihat gading utuh berukuran 110 sentimeter .

"Mereka mengirimi kami beberapa foto, yang kami kirim ke ahli antropologi di daerah tersebut dan mereka memutuskan bahwa itu milik megafauna yang mati antara 2 juta dan 10.000 tahun lalu," kata Julio Gomez, direktur otoritas lingkungan regional untuk Risaralda.

Penemuan ini dapat menandai penemuan serupa di wilayah tersebut. Menurut Lopez, lebih banyak kerangka bisa ditemukan. "Hewan-hewan ini hidup berkelompok, mereka tidak hidup sendiri, sedikit seperti kawanan gajah yang kita lihat di Afrika hari ini." katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement