Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Dilema Arteta Pilih 25 Pemain untuk Skuat Liga Inggris

Selasa 06 Oct 2020 22:18 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Mikel Arteta

Mikel Arteta

Foto: EPA-EFE/Jason Cairndruff
Arteta harus mencoret dua pemain senior dari skuat Liga Primer yang dijatah 25 orang.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal Mikel Arteta harus mencoret dua nama pemain yang bukan asal Inggris, untuk dimasukkan dalam daftar pemain terakhir ke Liga Primer Inggris. Arteta sedang menghadapi beberapa masalah seleksi pemain jelang penutupan bursa transfer. Arteta harus mencoret dua pemain senior dari skuat Liga Primer yang dijatah hanya 25 orang.

Aturan Liga Primer menyatakan kalau klub harus memasukkan daftar 25 pemain sampai 20 Oktober, dengan pemain non-Inggris maksimal 17 dan minimal delapan. Hadirnya Thomas Partey dari Atletico Madrid, ditambah gagalnya Arsenal mencari klub yang ingin membeli pemain mereka, membuat Arteta punya 19 pemain non-Inggris di skuatnya.

Baca Juga

Bursa transfer masih dibuka untuk klub Liga Inggris sampai 16 Oktober. Namun sulit bagi pemain senior yang ingin pindah klub ke kompetisi yang kastanya lebih rendah. Artinya, Arteta harus memutuskan dua pemain yang keluar dari skuatnya untuk paruh pertama musim ini, saat nama-nama baru didaftarkan ulang.

"Seleksi semakin rumit dan dengan aturan baru yang hanya boleh 18 pemain di skuat, itu sangat sulit,'' kata Arteta, dikutip dari Goal, Selasa (6/10).

Matteo Guendouzi sudah dipinjamkan ke Hertha Berlin, sementara Lucas Torreira juga dikirim ke Atletico Madrid. Namun. Sead Kolasinac gagal pindah ke Bayer Leverkusen, sementara Arsenal kehabisan waktu untuk merampungkan pinjaman jangka panjang untuk William Saliba.

Sokratis dan Shkodran Mustafi juga sebenarnya bebas untuk pergi. Namun Arsenal tak mampu untuk mencari klub yang berminat dengan dua bek yang memasuki tahun terakhir kontraknya di klub London Utara tersebut. Dengan delapan bek tengah di skuat, Arteta kemungkinan memilih salah satu beknya untuk dikeluarkan. Pablo Mari, Calum Chambers dan Mustafi belum juga dimainkan musim ini karena cedera. Namun, Chambers dan Mustafi rencananya ikut latihan penuh setelah jeda internasional.

Mesut Ozil, pemain yang gajinya paling mahal di Emirates Stadium, belum dimainkan sama sekali sejak kompetisi dimulai Juni lalu setelah dihentikan sementara karena pandemi corona. Arteta menyatakan kalau Ozil bisa saja kembali ke skuat. Namun dengan minimnya waktu pertandingan yang diberikan, ia jadi kandidat terkuat lainnya untuk dikeluarkan dari 25 nama yang didaftarkan. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA