Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

RUU Ciptaker Dibawa ke Paripurna Tunggu Keputusan Bamus

Senin 05 Oct 2020 12:35 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar / Red: Ratna Puspita

Wakil Ketua Baleg DPR RI Achmad Baidowi

Wakil Ketua Baleg DPR RI Achmad Baidowi

Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Baleg hargai Demokrat dan PKS yang tolak RUU Ciptaker dibawa ke paripurna terdekat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Achmad Baidowi mengatakan, penyelesaian pembahasan RUU Cipta Kerja sudah sesuai mekanisme yang ada. Kini, Baleg DPR RI masih menunggu keputusan Badan Musyawarah (Bamus) terkait dibawanya RUU ini ke rapat paripurna terdekat.

"Kami sampaikan sesuai mekanisme, selanjutnya apakah akan dibawa ke paripurna terdekat tergantung keputusan Bamus," ujar Baidowi lewat keterangan tertulisnya, Senin (5/10).

Selain itu, Baleg menghargai sikap Fraksi Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menolak RUU Cipta Kerja dibawa ke rapat paripurna terdekat. Menurutnya, itu merupakan hak politik yang tak dapat dilarang pihak lain.

Baca Juga

"Itu biasa saja dan hak masing-masing fraksi untuk menyampaikan sikap politiknya yang tidak bisa dicampuri pihak lain," ujar Baidowi.

Namun, ia memastikan, kedua fraksi itu mengikuti proses pembahasan RUU Cipta Kerja meski Fraksi Partai Demokrat baru mulai mengikuti di pertengahan pembahasan. Di samping itu, ia tak mempermasalahkan adanya aksi mogok nasional yang akan digelar kelompok buruh pada 6 hingga 8 Oktober 2020. 

Baidowi mengingatkan agar aksi digelar dengan baik. "Itu hak setiap WNI asalkan disampaikan sesuai ketentuan perundang-undangan, tidak mengganggu ketertiban umum, dan tidak anarkis. Serta tidak merusak fasilitas negara," ujar sekretaris Fraksi PPP itu.

DPR dan pemerintah menyepakati seluruh hasil pembahasan omnibus law RUU Cipta Kerja. Kesepakatan itu diambil dalam rapat kerja pengambilan keputusan Tingkat I RUU Cipta Kerja yang diselenggarakan di Kompleks Parlemen, Senayan, Sabtu (3/10) malam. Setelah fraksi-fraksi DPR, pemerintah, dan DPD menyampaikan pandangan, Ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas mengetuk palu tanda persetujuan pengambilan keputusan Tingkat I RUU Cipta Kerja. Selanjutnya, RUU Cipta Kerja akan disahkan di rapat paripurna DPR.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA