Senin 05 Oct 2020 12:20 WIB

Metode Mengaji Shandy William di Serial GoPlay 'Jadi Ngaji'

Metode Shandy mengajar mengaji cukup unik karena memanfaatkan video hingga game.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Aktor Shandy William (tengah) dalam serial original GoPlay 'Jadi Ngaji'.
Foto: Instagram Shandy William
Aktor Shandy William (tengah) dalam serial original GoPlay 'Jadi Ngaji'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Shandy William kembali menyapa penggemar lewat 'Jadi Ngaji', serial GoPlay Original genre religi terbaru yang mulai tayang 2 Oktober. Aktor yang melejit namanya lewat sinetron Api & Cinta (2019) serta film Senior (2019) ini menjadi tokoh utama bernama Lukman Ibrahim, mantan anak pesantren yang sedang merintis menjadi gamer.

Lukman digambarkan sebagai sosok yang sangat gemar bermain gim online, bahkan ia memutuskan keluar dari rumah dan ngekos bersama kedua temannya untuk mengikuti berbagai turnamen e-sport. Namun, sayangnya mereka sering kali mengalami kegagalan bahkan hingga berutang pada rentenir terkenal di kampung, Bang Jak.

Baca Juga

Singkat cerita, kegagalan Lukman dan teman-temannya tersebut berujung pada utang yang menumpuk hingga puluhan juta. Agar terbebas dari kejaran rentenir, Lukman terpaksa mengikuti keinginan sang ayah, yang kerap dipanggil Baba, untuk mengajar ngaji selama satu bulan.

Dasar anak gamer, ada saja cara Lukman untuk menarik perhatian anak-anak untuk belajar ngaji. Berikut tiga metode Shandy William dalam mengajar murid di TPA di serial religi GoPlay Original 'Jadi Ngaji'.

Kenalkan huruf hijaiyah lewat video

Buat anak kecil, kenalan sama 29 huruf hijaiyah lumayan sulit. Jangankan menghafal, untuk kenal sepenuhnya dengan masing-masing huruf ini bisa memakan waktu yang cukup lama. Makanya, Lukman mencoba cara baru yang lebih seru yakni dengan menonton konten video. Ia mengajarkan murid TPA untuk mengenali huruf dengan nyanyian.

Bahasa santai ala Bang Ustad

Pernah menimba ilmu di pesantren sekaligus juga getol bermain gim bisa jadi kombinasi untuk menjadi guru mengaji yang memiliki metode unik. Apalagi ditambah dengan gaya khas pakaian Lukman yang tidak seperti guru ngaji pada umumnya. Hasilnya, murid TPA merasa begitu santai ketika belajar mengaji di bawah asuhan Lukman.

Belajar ngaji dengan game

Kebayang nggak serunya belajar ngaji dengan metode game? Di serial ini, Lukman bikin kreasi metode baru yang bikin anak-anak TPA makin semangat belajar mengaji. Caranya dengan menggunakan permainan kartu supaya setiap anak bisa bergiliran menebak huruf Al Quran sambil menghafalnya. Di sini, semua murid berpartisipasi dan saling menyemangati teman-temannya untuk menghafal. 

Serial 'Jadi Ngaji' merupakan karya pendatang baru penuh potensi, Muthia Zahra Feriani, yang bertindak sebagai Creator, Showrunner, Sutradara, dan Penulis Naskah. Terdiri dari 10 Episode dengan durasi sekitar 30 menit per episode, 'Jadi Ngaji' bisa menjadi tayangan yang pas ditonton bersama keluarga di rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement