Sabtu 19 Sep 2020 10:36 WIB

Situs Web YouTube Hentikan Mode Picture-in-Picture iOS 14

Pengguna harus bayar Youtube premium untuk bisa menggunakan mode Picture in picture.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
YouTube
Foto: EPA
YouTube

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA-- Salah satu fitur besar baru iOS 14 adalah mode picture-in-picture yang memungkinkan pengguna menonton video di jendela kecil saat mereka melakukan hal lain di iPhone. Fitur ini bisa berguna, misalnya, jika pengguna ingin menonton video YouTube di Safari sambil mengobrol dengan teman atau memeriksa email.

Namun, tampaknya YouTube telah melakukan sesuatu untuk menghentikan video agar tidak terus diputar saat mode picture-in-picture diaktifkan. Pengecualian untuk pengguna yang membayar YouTube premium.

Baca Juga

Dilansir dari The Verge, Sabtu (19/9), seseorang bisa memeriksanya dengan menarik video di situs web YouTube di Safari pada iPhone dan menontonnya dalam layar penuh. Jika pengguna mengetuk untuk menarik playback control, mereka akan melihat ikon picture-in-picture di sudut kiri layar atas.

Ketik itu dan video sebentar masuk ke jendelanya sendiri sebelum kembali ke tempat biasanya di situs YouTube. Jika pengguna mencoba kembali ke layar beranda saat menonton video dalam layar penuh, mereka akan melihat video itu sekejap beralih ke mode picture-in-picture sebelum menghilang.

Menariknya, seperti yang diamati oleh Mac Rumors, pengguna dapat menonton video YouTube dalam mode picture-in-picture jika disematkan di situs web. Untuk yang memiliki YouTube Premium, picture-in-picture berfungsi seperti yang diharapkan, namun itu tidak berfungsi dengan baik jika pengguna gratis.

Menurut MacRumors, hal tersebut terjadi baru-baru ini. Mode Picture-in-Picture masih berfungsi dengan video YouTube di Safari jika menggunakan iPad, terlepas dari pemilik akun gratis atau premium.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement