Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Wali Kota: Bekasi Diuntungkan dengan PSBB Jakarta 

Senin 14 Sep 2020 12:33 WIB

Red: Ratna Puspita

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi

Foto: Uji Sukma Medianti
Mobilitas warga Bekasi yang berpotensi pada penyebaran Covid-19 berkurang.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengaku, wilayahnya diuntungkan dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat yang diterapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai hari ini. Kebijakan PSBB ketat yang diterapkan DKI Jakarta, membuat mobilitas warga Kota Bekasi menuju ibu kota akan berkurang. 

"Kita punya keuntungan saat DKI menerapkan PSBB ketat karena itu berarti aktivitas kerjanya dibatasi. Orang di wilayah (Bekasi) interaksinya jadi sedikit," kata Rahmat di Bekasi, Senin (14/9).

Baca Juga

Sebagai daerah penyangga, wilayahnya tidak bisa lepas dari mobilitas warga yang terjadi begitu cepat baik dari maupun menuju ibu kota. Hampir setiap hari ribuan warga Kota Bekasi bekerja di Jakarta dan kembali ke rumah pada malam harinya, untuk berinteraksi dengan warga di lingkungan tempat tinggalnya.

Aktivitas ini, kata dia, tentunya berpotensi tinggi terhadap transmisi penyebaran Covid-19 dari warga yang setiap harinya bekerja di Jakarta itu. "Kalau saat ini di sana dibatasi, berarti tidak ada yang ke sana. Kalau ke sini (Bekasi) masih ada karena kita daerah transit," ungkapnya.

Menurut Rahmat, kasus penularan Covid-19 yang ditemukan di Kota Bekasi sejauh ini banyak disumbang dari kasus impor. "Mayoritas kasus positif di Bekasi didapat dari imported case dari wilayah-wilayah tetangga," ucapnya.

Kasus impor ini berawal dari satu orang yang terkonfirmasi positif usai melakukan perjalanan dan berkontak langsung dengan pasien Covid-19 dari luar daerah. "Terus yang tidak kalah penting ada beberapa kejadian, termasuk kemarin satu keluarga, itu transmisi tempat lain ke kita," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA