Senin 14 Sep 2020 10:41 WIB

Jepang akan Luncurkan Kamera Resolusi 8K ke Mars

JAXA bersama lembaga penyiaran NKH mengembangkan kamera 8K untuk melihat Mars.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Mars
Foto: NASA
Mars

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO — Video dengan resolusi 8K atau dikenal sebagai resolusi televisi ultratinggi tertinggi yang pernah ada cukup langka di Bumi. Bahkan, sedikit sekali kamera video yang mampu merekam dalam resolusi ini.

Namun, hal itu tidak menghentikan Jepang untuk menangkap citra resolusi sangat tinggi di tempat lain di Tata Surya. Dilansir Engadget,  Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA), bersama dengan stasiun televisi NHK sedang mengembangkan kamera 4K dan 8K melalui Parabolic Arc yang akan menangkap gambar Mars dan Bulannya, atau Phobos dan Deimos untuk misi esplorasi Bulan Mars (MMX) mendatang.

Baca Juga

Misi tersebut akan secara teratur mengambil gambar dan sebagian mengirimkannya ke Bumi untuk menciptakan gambar tengan kualitas baik. Sementara, yang asli akan disimpan dalam kapsul yang dikembalikan ke Bumi.

Ini juga akan membantu memvisualisasikan perilaku pesawat ruang angkasa dengan menggabungkan info kamera dengan data penerbangan. JAXA mengatakan hal ini bisa membantu mengoperasikan pesawat ruang angkasa.

Pesawat ruang angkasa MMX diharapkan diluncurkan pada 2024 dan mencapai Mars pada 2025. Meski demikian, rencana itu disebut akan lebih lama lagi sebelum kapsul kembali tiba.

MMX seharusnya tidak hanya menyediakan fotografi Mars yang sangat detail dari atas permukaan, tetapi mendarat di Phobos dan mengumpulkan material permukaan. Ilmuwan dapat mempelajari lebih lanjut tentang Mars dulu dan sekarang.

Misi tersebut juga bisa menjadi harta karun bagi NHK. Perusahaan televisi ini akan memiliki rekaman 8K yang tidak pernah dimiliki perusahaan lainnya. Selama ini, NHK dikenal sebagai salah satu inovator yang menciptakan kamera penyiaran kecil dengan sensor gambar 8K.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement