Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Gajah Mengamuk dan Rusak Rumah di Nagan Raya Aceh

Rabu 26 Aug 2020 03:45 WIB

Red: Ani Nursalikah

Gajah Mengamuk dan Rusak Rumah di Nagan Raya Aceh. Gajah Sumatra. Ilustrasi

Gajah Mengamuk dan Rusak Rumah di Nagan Raya Aceh. Gajah Sumatra. Ilustrasi

Foto: Antara/Irwansyah Putra
Tidak ada korban jiwa akibat gajah mengamuk di Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKA MAKMUE -- Sebanyak 11 ekor gajah liar merusak sejumlah rumah milik warga transmigrasi di Desa Blang Lango, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

“Tidak ada korban jiwa di masyarakat akibat amukan gajah ini, namun sejumlah lahan kebun dan beberapa rumah warga mengalami kerusakan,” kata Kepala Resort Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah II Meulaboh, Zulkarnen, Selasa (25/8).

Baca Juga

Tidak hanya itu, kawanan gajah tersebut juga merusak sejumlah rumah dan kebun masyarakat di sejumlah desa seperti di Desa Blang Teungku, Tuwi Meuleusong, Blang Lango, Kandeh, Kila, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya. Adapun jenis lahan kebun yang dirusak gajah meliputi tanaman pohon pisang, kelapa sawit, dan pohon kelapa.

Sedangkan rumah warga yang dirusak, kata Zulkarnen, meliputi rumah masyarakat yang berada di kawasan transmigrasi yang kini tidak ditempati oleh pemiliknya. Guna mengatasi gangguan gajah di daerah ini, ia sudah berupaya memberikan mercon kepada aparat desa agar kawanan gajah liar tersebut diharapkan tidak lagi kembali ke pemukiman masyarakat.

“Memang gangguan gajah di Nagan Raya ini sangat meresahkan masyarakat, tapi kita hanya bisa menghalau gajah agar tidak lagi merusak tanaman dan rumah milik warga,” katanya.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA