Selasa 18 Aug 2020 15:49 WIB

Maduro Ingin Pertama Divaksin Covid-19 di Venezuela

Presiden Venezuela mengatakan dia ingin memberi contoh

Red: Nur Aini
Presiden Venezuela Nicolas Maduro
Foto: EPA-EFE/Miguel Gutierrez
Presiden Venezuela Nicolas Maduro

 

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengatakan dia akan menjadi orang pertama yang mendapatkan vaksinasi Covid-19 setelah vaksin buatan Rusia tiba di negaranya.

Baca Juga

"Saya senang Rusia akan menjadi negara pertama di dunia yang memvaksinasi penduduknya secara besar-besaran," kata Maduro dalam pidato yang disiarkan televisi pada Ahad (16/8).

“Akan ada saatnya kita semua divaksinasi dan yang pertama divaksinasi adalah saya. Saya akan mendapatkan vaksin, saya akan memberi contoh," kata dia.

Maduro mengatakan pemerintah pertama-tama akan memvaksinasi petugas kesehatan, orang tua dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan khusus.

Pejabat Rusia telah memastikan bahwa vaksinasi massal bisa dimulai paling cepat pada Oktober. Hal itu menimbulkan kekhawatiran luas di seluruh dunia karena vaksin tersebut belum lolos uji klinis, meskipun Presiden Vladimir Putin mengatakan bahwa putrinya sudah diberi vaksin.

Sementara itu, Maduro menuduh pemerintahan Presiden Amerika Serikat Donald Trump tidak mengizinkan pengiriman obat-obatan ke Venezuela.

"Mereka menganiaya kami; kami ingin membeli obat-obatan untuk melawan virus korona dan mereka meminta kepada perusahaan untuk tidak membawa vaksin ke Venezuela," ujar dia.

Maduro mengumumkan bahwa Venezuela akan menjalani masa karantina tambahan selama tujuh hari untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Langkah tersebut merupakan bagian dari metode 7+7, yang terdiri dari tujuh hari penguncian ketat dan disusul dengan tujuh hari kegiatan ekonomi terbuka. Hingga Senin, Venezuela telah mengkonfirmasi lebih dari 33.000 kasus dan 281 kematian akibat Covid-19.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/maduro-ingin-jadi-yang-pertama-divaksin-covid-19-di-venezuela/1945214
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement