Selasa 18 Aug 2020 12:18 WIB

Amber Heard Jawab Kecaman Soal Busananya Saat ke Masjid

Amber Heard berkunjung ke masjid di Istanbul, Turki, akhir pekan lalu.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris Hollywood Amber Heard berpose di luar masjid di Istanbul, Turki, Sabtu (16/8).
Foto: Instagram
Aktris Hollywood Amber Heard berpose di luar masjid di Istanbul, Turki, Sabtu (16/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Hollywood Amber Heard menuai kecaman setelah mengunjungi sebuah masjid di Istanbul, Turki. Bukan kehadirannya yang memancing kontroversi, melainkan pakaian yang dikenakannya.

Dalam foto yang ia dokumentasikan di akun Instagram miliknya pada Sabtu (16/8), Amber tampak memakai baju putih dengan potongan leher yang rendah. Mantan istri Johnny Depp ini melapisi gaun longgarnya itu dengan kardigan warna cokelat muda yang tak dikancing.

Baca Juga

Heard juga mengenakan kerudung warna fuschia. Dalam keterangan fotonya, dia mengungkapkan kegembiraannya bisa berkunjung ke masjid tersebut.

"Menghabiskan hari berkeliling di sekitar masjid Istanbul yang luar biasa dan tidak bisa berhenti mencintai kota yang indah ini," tulisnya.

Dalam foto yang diunggahnya itu, Amber berpose di bawah sinar matahari dan tampak berdiri di dekat masjid. Pakaiannya itu dikecam oleh warganet karena  dianggap tidak menuruti aturan kepantasan dalam memasuki masjid.

Sehari kemudian, Heard mengunggah komentarnya untuk menangkis pemberitaan yang mengangkat kecaman warganet atas pakaiannya. Ia menyebut itu sebagai pekerjaan orang yang digaji tak layak.

"Masjid adalah tepat betulan, seperti juga museum dan gereja. Demikian pula dengan kerudung (terkadang memakainya merupakan keharusan ketika berkunjung). Misteri terpecahkan," tutur Heard lewat akun Twitter-nya.

Pemberitaan yang dimaksud Heard diramu dari cicitan salah seorang penggemar yang mencermati foto Heard dan menyebut aktris Aquaman itu tak mengenakan bra dengan busana menerawang saat ke masjid. Warganet pun meramaikan jagat Twitter dengan meyakini bahwa Heard mengenakan pakaian yang sama saat mengunjungi masjid-masjid lain.

"Dia benar-benar melakukannya. Dan saya tidak tahu mengapa dia melakukannya, apakah tidak ada yang memberi tahunya?? Sungguh luar biasa ketidaksopanan yang dia tunjukkan pada dunia," tulis seorang warganet.

"Saya sangat marah sebagai seorang Muslim dan fakta bahwa dia melakukan itu di negara SAYA, membuat darah saya semakin mendidih," tulis warganet.

Yang lain menimpali, "Saya seorang Katolik dan jika saya mengunjungi masjid dan mereka meminta saya untuk menutupi diri saya, saya pasti akan menghormati agama dan kebiasaan mereka. Maksud saya adalah, bahkan jika dia seorang ateis dia harus menunjukkan rasa hormat, dan saya menyukainya, tapi sayangnya dia tidak menghormati manusia pada umumnya."

"Aku heran dia tidak ditolak saat hendak memasuki pintu!" cicit salah seorang pengguna lain.

Sementara orang lain menuduh Amber mencoba menarik perhatian dengan foto itu. Heard sedang berlibur di Turki di sela jeda persidangan kasus kekerasan dalam rumah tangga di pengadilan Inggris.

"Tapi inilah yang dia lakukan setiap saat untuk mendapatkan perhatian. Dia saat ini tidak terlalu diperhatikan karena kasus-kasusnya, jadi dia sengaja memperlihatkan dadanya di masjid. Itu klasik," kata warganet lain.

Sementara beberapa orang marah dengan pakaian Amber, beberapa lainnya mempermasalahkan bahwa dia mengambil gambar di dalam masjid saat seorang jamaah yang sedang sholat di belakangnya. Foto itu telah dihapus, tetapi itu tidak menghentikan kritik yang datang padanya.

Aturan berkunjung

Melihat perdebatan tersebut, seorang profesor seni dan arsitektur Islam di American University di Kairo, Bernard O'Kane mengatakan, kamera diperbolehkan di dalam masjid tetapi tidak boleh digunakan pada waktu-waktu tertentu. "Biasanya tidak ada masalah, meskipun biasanya tidak dianjurkan selama waktu sholat," kata dia kepada The Washington Post.

"Anda harus berpakaian layak mengikuti aturan. Cobalah untuk tidak mengenakan celana pendek atau tank top. Anda harus menjaga kesopanan di dalam, jadi jangan berbicara atau tertawa keras," kata dia menambahkan.

The Istanbul Insider, yang menawarkan tips dan saran kepada wisatawan, juga tidak menyarankan mengambil foto orang-orang yang sedang sholat di dalam masjid.

"Anda dapat mengambil foto atau merekam video di dalam masjid. Namun, jangan arahkan kamera Anda ke orang-orang yang sedang wudhu di luar masjid atau saat mereka sholat di dalam masjid. Sayangnya, aturan ini paling sering dilanggar," ujarnya, dikutip Ace Showbiz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement