Senin 03 Aug 2020 01:00 WIB

Pelajar SD Numpang Belajar di Kantor Kwarcab Indramayu

Mereka memanfaatkan jaringan wifi gratis dari kantor Kwarcab untuk belajar daring.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Siswa belajar secara daring dari donasi ponsel berbasis Android (ilustrasi)
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Siswa belajar secara daring dari donasi ponsel berbasis Android (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Kebijakan pembelajaran daring bagi para siswa di tengah pandemi Covid-19, menimbulkan persoalan terkait jaringan internet. Pasalnya, tidak semua orang tua dan anak memiliki kemampuan untuk membeli kuota internet.

Namun, sejumlah pelajar sekolah dasar (SD) di Kabupaten Indramayu memiliki cara sendiri agar tetap bisa belajar dan mengerjakan tugas sekolah meski tak memiliki kuota internet. Mereka memanfaatkan jaringan internet untuk publik (wifi) gratis yang telah di sediakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu.

Baca Juga

Fasilitas tersebut di antaranya terpasang di Kantor Kwarcab Indramayu. Setiap hari, tempat itu selalu ramai dikunjungi oleh para pelajar untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah yang diberikan oleh gurunya.

Salah satunya adalah Ahmad (9), pelajar kelas 3 SDN Karanganyar Kecamatan Indramayu. Dia bersama teman-temannya kerap mendatangi Kantor Kwarcab Indramayu untuk memanfaatkan wifi gratis yang difasilitasi oleh Diskominfo. "Senang mengerjakan tugas sekolah di sini, tidak pakai pulsa HP. Gratis," tutur Ahmad, saat ditemui akhir pekan kemarin.

Sementara itu, salah seorang pengurus Kwarcab Indramayu, Yayan Mulyantoro, mengatakan, awalnya anak-anak itu mengakses internet gratis dari luar Kantor Kwarcab Indramayu, atau di pinggir tembok kantor dekat jalan. Pasalnya, internet yang terpasang di Kwarcab memang bisa dijangkau dari luar kantor.

Melihat anak-anak itu antusias belajar, akhirnya Yayan berinisiatif mengajak mereka untuk mengerjakan tugas di dalam Kantor Kwarcab.

"Kita persilakan mereka masuk supaya bisa belajar lebih tenang. Kebanyakan anak-anak itu berasal dari wilayah Kelurahan Karanganyar, Lemahabang, dan Lemahmekar," tukas Yayan.

Yayan menjelaskan, di Kantor Kwarcab Indramayu dan di belakang GOR Dharma Ayu atau sekitar Kantor Kelurahan Karanganyar, telah tersedia jaringan internet gratis sejak beberapa tahun lalu. Fasilitas tersebut disediakan oleh Diskominfo Indramayu.

Sementara itu, Kadis Kominfo Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana, mengatakan, pihaknya sejak beberapa tahun lalu memang telah menyediakan wifi gratis di kantor pemerintahan dan di area publik lainnya. Untuk kantor pemerintahan, sudah tersedia di 31 kecamatan. Fasilitas tersebut bisa diakses secara gratis oleh masyarakat di lingkungan kantor tersebut.

Sedangkan untuk area publik, sudah tersedia di Kuliner Cimanuk dan belakang Masjid Agung, Alun-alun Indramayu, Pasar Mambo, serta area GOR Dharma Ayu. "Silakan masyarakat bisa akses fasilitas internet tersebut secara gratis. Apalagi, saat ini internet sangat dibutuhkan terutama untuk kegiatan belajar," ujar Aan. N lilis sri handayani

ublik, sudah tersedia di Kuliner Cimanuk dan belakang Masjid Agung, Alun-alun Indramayu, Pasar Mambo, serta area GOR Dharma Ayu. "Silakan masyarakat bisa akses fasilitas internet tersebut secara gratis. Apalagi, saat ini internet sangat dibutuhkan terutama untuk kegiatan belajar," ujar Aan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement