Rabu 29 Jul 2020 00:30 WIB

Minuman Apa Saja yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes?

Ada beberapa minuman yang boleh dikonsumsi penderita diabetes selain air putih.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Ada beberapa minuman yang boleh dikonsumsi penderita diabetes selain air putih (Foto: ilustrasi diabetes)
Foto: Boldsky
Ada beberapa minuman yang boleh dikonsumsi penderita diabetes selain air putih (Foto: ilustrasi diabetes)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penderita diabetes perlu menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Tanpa pola makan yang baik, obat-obatan tak akan bekerja secara optimal.

"Dan Anda mungkin membutuhkan lebih banyak obat-obatan," ungkap ahli endokrinologi dari Ohio State University Wexner Medical Center Dr Kathleen Wyne, seperti dilansir US News, Rabu (29/7).

Baca Juga

Dua jenis diabetes yang umum diketahui adalah diabetes mellitus (DM) tipe 1 dan tipe 2. DM tipe 1 berkaitan dengan masalah autoimun yang membuat pankreas tak bisa bekerja dengan baik. DM tipe 2 umumnya berkaitan dengan kegemukan atau obesitas dan pola makan yang buruk.

Pada DM tipe 1 dan tipe 2, pengaturan asupan makan dan minum merupakan hal yang penting dalam menjaga kesehatan. Pada DM tipe 1, pasien dianjurkan untuk mengetahui seberapa banyak dan jenis karbohidrat apa yang dikonsumsi. Pengetahuan ini penting untuk menentukan dosis insulin yang tepat.

"(Pada DM tipe 1) kami tidak membatasi pola makan, kecuali merekomendasikan pasien untuk menyantap maknan yang sehat bagi jantung," jelas Dr Wyne.

Pada pasien DM tipe 2, khususnya yang kelebihan berat badan, salah satu fokus yang perlu dicapai adalah penurunan berat badan sekitar 15-20 pon. Cara ini dapat memberikan dampak yang besar terhadap kadar gula darah dalam jangka pendek.

"Bila Anda bisa menurunkan berat badan, itu akan membantu menurunkan kadar gula darah dan jumlah obat yang dibutuhkan," lanjut Dr Wyne.

Secara umum, pasien DM tipe 2 perlu membatasi porsi makan dan mengurangi makanan cepat saji. Pasien DM tipe 2 juga dianjurkan untuk lebih sering memasak sendiri agar bisa mengontrol apa saja yang dikonsumsi.

photo
Ilustrasi Diabetes - (dok. Farrer Park Hospital)

Penting pula untuk mengontrol rasio lemak, karbohidrat dan protein dalam pola makan. Selain itu, pasien DM tipe 2 juga dianjurkan untuk membatasi asupan garam dan gula tambahan.

Minuman bergula merupakan salah satu yang perlu dihindari oleh pasien diabetes. Minuman bergula seperti kopi kekinian, minuman energi atau minuman bersoda dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang tinggi dengan cepat.

"Ini dapat menyebabkan dehidrasi dan mungkin ketoasidosis diabetik," jawab Dr Wyne.

Oleh karena itu, bukan hanya makanan yang perlu diperhatikan oleh pasien diabetes. Pasien diabetes juga perlu lebih memperhatikan minuman yang dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa minuman yang bisa dikonsumsi oleh pasien diabetes selain air putih.

Air Soda

Ada beberapa air soda atau seltzer water yang tidak mengandung gula namun memiliki rasa buah-buahan. Pastikan membaca tabel informasi gizi dari air soda sebelum membelinya karena beberapa merek memiliki kandungan sodium yang lebih tinggi.

Teh Herbal tanpa Gula

Teh herbal bisa dinikmati dalam keadaan dingin atau panas. Selain kaya akan rasa, teh herbal juga dapat mebantu hidrasi tubuh tanpa memberikan tambahan gula atau kalori. Pastikan untuk membuat sendiri teh herbal sehingga terhindar dari penambahan gula.

Kopi atau Teh Hijau dan Hitam

Kopi dan teh yang disajikan tanpa bahan tambahan lain merupakan minuman bebas kalori. Akan tetapi, perhatikan kandungan kafein yang ada dalam sajian kopi atau teh. Pastikan agar kafein tidak dikonsumsi secara berlebihan. Jangan tambahkan susu, krim atau gula ketika memesan minuman kopi dan teh di luar.

Susu Rendah Lemak

Satu atau gelas susu rendah lemak dinilai aman untuk pasien diabetes. Produk susu rendah lemak juga merupakan sumber vitamin D dan kalsium yang baik. Keduanya merupakan zat gizi yang penting dalam pola makan sehat.

Jus Buah 100 Persen

Jus buah, meski 100 persen terbuat dari buah alami tanpa tambahan gula, tetap perlu diwaspadai. Gula alami dari buah memang lebih sehat dari gula tambahan. Akan tetapi, gula dalam buah tetaplah gula yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Bila harus meminum jus buah, pilih jus buah yang 100 persen terbuat dari buah alami. Perhatikan pula prosi jus buah yang diminum agar tidak berlebihan.

Smoothie

Seperti halnya jus buah, smoothie juga merupakan minuman yang lezat dan kaya akan kandungan zat gizi. Akan tetapi, smoothie umumnya mengandung banyak kalori dan gula alami dari buah. Perhatikan porsi saat meminum smoothie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement