Selasa 28 Jul 2020 20:39 WIB

 Cerita Jersey Napoli tahun 1989/90 yang Melegenda

Kehadiran jersey mendapat ruhnya ketika Maradona bergabung dengan Napoli

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Agung Sasongko
Diego Maradona (kanan) berada di Santiago Bernabeu menyaksikan laga Real Madrid vs Napoli, Kamis (16/2) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Daniel Ochoa de Olza
Diego Maradona (kanan) berada di Santiago Bernabeu menyaksikan laga Real Madrid vs Napoli, Kamis (16/2) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bicara jersey sebuah klub sepak bola di era modern tak lepas dari faktor kesuksesan dan legenda yang menaunginya. Para penikmat sepak bola tahu betul pentingnya jersey dalam mengekspresikan rasa cinta terhadap sebuah klub. 

 

Baca Juga

SSC Napoli misalnya, ketika menjadi juara serie A musim 1989/1990, memiliki jersey yang hingga kini dianggap melegenda. Padahal dari sisi desain mungkin terlihat sederhana. Dominasi warna biru dengan kerah bukanlah hal istimewa waktu itu. 

Namun, ketika logo klub dan pabrikan kit, NR, yang kini tak lagi dikenal jadi pembeda. NR merupakan merek pakaian olahraga Italia tahun 1970an. Di bagian tengah mengapit dua logo terpampang sponsir utama Napoli waktu itu, Mars. Mars merupakan pabrikan coklat cukup terkenal di Italia waktu itu. 

Apparel ini didirikan mantan sepak bola Nicola Raccuglia. Nicola percaya kit sepak bola bukan sekedar seragam namun bagian dari identitas dan sejarah klub. 

Kehadiran jersey mendapat ruhnya ketika Maradona bergabung dengan Napoli pada tahun 1984. Saat itu, Napoli tak ubahnya tim medioker penghuni papan tengah. Kedatangan superstar Argentina itu mengubah sejarah klub, mendorong I Partenopei ke scudetto pertama mereka pada tahun 1987.

Hanya tiga tahun setelah keberhasilan ajaib itu, Napoli mengulangi prestasi itu untuk kedua kalinya, memenangkan gelar liga pada tahun 1990, berkat 16 gol Maradona.

Inilah bukti betapa banyaknya keterkaitan Napoli dengan Maradona. Dan sementara kita di sini untuk kit dan keindahannya, jersey ini hanya setengah dari cerita, dan nomor 10 adalah bagian yang hilang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement