Jumat 10 Jul 2020 20:04 WIB

Mugello dan Sochi Masuk dalam Kalender Tuan Rumah F1 2020

Mugello dan Sochi akan menggelar balapan F1 pada September mendatang.

Mugello dan Sochi akan menggelar balapan F1 pada September mendatang (Foto: ilustrasi F1)
Foto: EPA-EFE/CHRISTIAN BRUNA
Mugello dan Sochi akan menggelar balapan F1 pada September mendatang (Foto: ilustrasi F1)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sirkuit Mugello Italia dan Sochi Russia pada Jumat (10/7), resmi masuk ke kalender revisi Formula 1 (F1) musim 2020 untuk menjadi tuan rumah Grand Prix. Mugello, sirkuit yang dimiliki Ferrari, akan menggelar balapan F1 untuk pertama kalinya pada 11-13 September nanti.

"Kami bangga mengumumkan Mugello dan Sochi akan menjadi bagian dari kalender 2020 dan ingin berterima kasih kepada semua mitra kami atas dukungan mereka di beberapa pekan terakhir," demikian pernyataan F1.

Baca Juga

Mugello telah rutin masuk di kalender MotoGP sejak 1994 dan sejumlah ajang balap continental GT namun belum pernah menggelar balapan F1 sebelumnya. Sirkuit itu akan menjadi sirkuit keempat yang menjadi tuan rumah F1 setelah Monza, Imola dan sirkuit jalanan di Pescara.

Grand Prix di Mugello nanti juga akan terasa spesial bagi Ferrari karena menandai balapan ke-1000 pabrikan asal Italia itu. Sirkuit itu pernah sekali kedatangan rombongan F1 sebagai venue tes tengah musim pada 2012. Sejumlah pebalap sangat terkesan dengan sirkuit sepanjang 5,2km itu.

Ferrari merupakan tim tertua di grid F1 saat ini dan tak pernah absen dari kompetisi sejak musim pertama kejuaraan pada 1950. Meskipun beberapa kali tidak turun di Grand Prix karena berbagai alasan mulai dari soal uang, mogok kerja, pebalap gagal start hingga peristiwa tragis. Sedangkan F1 menandai balapan ke-1000 kejuaraan itu di China, April tahun lalu.

Sementara itu, Sochi kebagian slot 25-27 September untuk menjadi tuan rumah Grand Prix ketujuh kalinya. Dengan ditunjuknya Sochi maka menggenapi sepuluh seri yang terkonfirmasi di kalender musim sejauh ini, kendati F1 akan mengumumkan tambahan seri lainnya dalam beberapa pekan ke depan. F1 berharap mengisi kalender tahun ini dengan 15-18 balapan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement