Sabtu 04 Jul 2020 13:07 WIB

Tiga Trik Buat yang Mudah Lupa

Ada kalanya orang menjadi mudah lupa, salah satunya ketika stres.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pelupa (ilustrasi). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu mencegah kita menjadi pelupa.
Foto: wonderwoman.in
Pelupa (ilustrasi). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu mencegah kita menjadi pelupa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setidaknya, ada tiga trik yang bisa dilakukan untuk mencegah mudah lupa atau kecenderungan mudah lupa. Manajemen stres bisa dilakukan bila merasa kecenderungan mudah disebabkan oleh stres atau burnout.

Manajemen stres bisa dilakukan dengan berbagai metode. Beberapa di antaranya adalah melakukan detoks digital, melakukan yoga, meditasi atau olahraga, mengidentifikasi dan mengeliminasi sumber stres hingga mengambil jeda waktu untuk istirahat.

Baca Juga

Cara lain yang bisa membantu mencegah kelupaan adalah memperbaiki pola makan. Ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesehatna otak dan memperbaiki daya ingat.

Seperti diungkapkan dalam laporan Harvard Health, diet Mediterania terdiri dari banyak jenis makanan yang dapat meningkatkan kesehatan otak. Beberapa di antaranya adalah buah, sayur, minyak zaitun, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Membiasakan membuat daftar juga bisa menjadi salah satu upaya untuk mencegah kelupaan. Saat hendak belanja, misalnya, buat daftar barang-barang atau makanan yang ingin dibeli sebelum pergi ke swalayan. Contoh lainnya, membuat daftar kegiatan yang akan dilakukan dalam satu hari atau satu pekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement