Jumat 19 Jun 2020 11:29 WIB

Layanan Streaming Game xCloud Diliris Akhir Tahun Ini

Microsoft menggunakan perangkat keras Xbox Series X baru di server xCloud tahun depan

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Xbox
Xbox

REPUBLIKA.CO.ID, REDMOND -- Microsoft bersiap meluncurkan layanan streaming game xCloud akhir tahun ini sebagai bagian dari Xbox Game Pass. Layanan ini awalnya akan ditenagai oleh konsol XboX One S dalam blade server di pusat data Microsoft. Namun mereka  berencana meningkatkan perangkat keras ini tahun depan.

Sumber yang mengenal rencana Microsoft memberi tahu The Verge, bahwa pengujian telah dimulai pada server xCloud yang ditingkatkan. Microsoft bahkan sedang bereksperimen dengan bilah server PC khusus untuk streaming game PC melalui xCloud.

Baca Juga

Microsoft akan menggunakan perangkat keras Xbox Series X baru di server xCloud tahun depan dan memberikan beberapa keuntungan kinerja besar untuk upaya cloud streaming, terutama di sisi CPU. Prosesor next-gen ini jauh lebih kuat dan mampu menjalankan empat sesi gim Xbox One S secara bersamaan.

Ini juga termasuk encoder video built-in baru yang hingga enam kali lebih cepat daripada encoder saat ini, yang Microsoft gunakan pada server xCloud yang ada.

Eksperimen Microsoft dengan bilah server PC untuk xCloud juga kemungkinan akan mengarah ke Xbox Game Pass untuk gim PC yang disediakan melalui layanan.

Perusahaan saat ini sedang menguji klien xCloud untuk PC yang akan mengalirkan gim Xbox ke PC Windows 10. Namun saat ini perangkat tersebut belum mendukung gim PC.

Microsoft akan memerlukan bilah server PC baru ini untuk stream gim Xbox Game Pass PC ke perangkat seluler, PC Windows dan bahkan mungkin konsol Xbox di masa depan.

Seperti yang dilansir dari The Verge, Kamis (18/6), Microsoft mulai menguji xCloud di iOS awal tahun ini, tetapi mengakui kegiatan tersebut tidak dapat sepenuhnya menguji layanannya pada platform Apple. Hal ini karena beberapa pembatasan App Store yang tidak ditentukan.

Pembuat pernagkat lunak telah berusaha menekan Apple untuk menyesuaikan kebijakan App Store untuk memungkinkan xCloud untuk diluncurkan di iOS, Namun, diskusi itu sedang berlangsung dan kecil kemungkinan layanan akan diluncurkan sepenuhnya pada perangkat Apple akhir tahun ini.

Microsoft, Google dan banyak perusahaan yang ingin meluncurkan layanan streaming gim di iOS akan menyaksikan hasil penyelidikan antimonopoly Eropa terhadap kebijakan App Store Apple dalam waktu dekat di bulan-bulan mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement