Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Chef Gordon Ramsay Terkesan Saat Belajar Buat Rendang

Jumat 29 May 2020 05:40 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Dwi Murdaningsih

Rendang

Rendang

Foto: www.rendangpadangenak.blogspot.com
Chef Gordon Ramsay juga mempelajari soal budaya rendang di Sumatra Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koki selebriti asal Inggris, Gordon Ramsay, sempat mampir ke Sumatra Barat untuk syuting program televisi terbarunya "Uncharted" musim kedua. Dia mengajak dua tokoh kuliner Indonesia, William Wongso dan Ade Putri Paramadita, untuk menemaninya belajar tentang kuliner dan budaya Sumatra Barat.

Menurut Ade, Ramsay merasa terkesan dan terkejut dengan kuliner dan budaya Indonesia. "Pada dasarnya dia sama seperti bule lainnya. Mereka kaget karena Indonesia itu bukan hanya tentang apa makanan yang kita makan yang ada di piring kita, tapi prosesnya atau ceritanya itu panjang dan banyak," kata Ade melalui sambungan telepon dengan Republika.co.id, Kamis (28/5).

Dalam acara itu, Ramsay belajar memasak menu rendang khas Sumatra Barat yang mendunia. Ramsay mempelajari bagaimana tak mudahnya membuat rendang karena proses yang amat panjang.

Ade mengatakan, secara sederhana, sebenarnya Ramsay mengaku kepada Ade bahwa dia pernah mencoba rendang Malaysia. Meskipun demikian, Ramsay menyebut belum pernah makan rendang Indonesia.

"Begitu mencoba (rendang Sumatra Barat), dia seperti mengatakan bahwa Indonesia memiliki rendang yang jauh lebih kompleks," ujar Ade.

Ade mengatakan, pada dasarnya Ramsay tak hanya belajar bagaimana membuat rendang. Namun, Ramsay mempelajari secara keseluruhan mengenai budaya apa yang ada di balik rendang itu.

"Mungkin kita bisa nonton 'Uncharted' yang versi sebelumnya seperti apa. Karena dia pergi ke suatu tempat belajar memasak itu tidak hanya untuk satu makanan itu saja terus dia belajar karena itu kan hanya tinggal di dapur saja. Tapi, dia kasih liat ada budaya apa di sana," ujar Ade.

Masih banyak hal yang dilakukan oleh Ramsay dalam kesempatan yang terjadi pada Januari 2020 lalu itu. Namun, Ade tak ingin berbicara banyak dan menyarankan untuk menonton program itu secara langsung.

Uncharted musim kedua akan ditayangkan oleh saluran National Geographic pada 8 Juni mendatang. Sedangkan untuk tayangan Sumatra Barat akan ditayangkan pada 29 Juni jam 21.00.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA