Wednesday, 22 Zulhijjah 1441 / 12 August 2020

Wednesday, 22 Zulhijjah 1441 / 12 August 2020

Enam Kudapan Sebelum Tidur Rekomendasi Pakar Diet

Ahad 24 May 2020 16:05 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Beberapa kudapan ini membantu tetap kenyang sepanjang malam (Foto: ilustrasi tidur)

Beberapa kudapan ini membantu tetap kenyang sepanjang malam (Foto: ilustrasi tidur)

Foto: www.freepik.com
Kudapan ini membantu tetap kenyang sepanjang malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah menyantap makan malam yang lezat tidak menjamin perut tetap kenyang hingga menjelang waktu tidur. Jika lapar melanda saat akan terlelap, pilih kudapan yang tepat agar tidak berdampak pada kualitas tidur.

"Ketika ingin makan jelang tidur, saya memprioritaskan camilan yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat," kata ahli diet berlisensi, Melissa Rifkin, dikutip dari laman Well and Good, Selasa (24/5).

Kombinasi tiga komponen tersebut membantu tetap kenyang sepanjang malam, serta memasok nutrisi yang memperbaiki kualitas tidur. Ada sejumlah makanan yang bisa menjadi bahan untuk deretan resep lezat.

Baca Juga

Pisang
Pisang kaya vitamin B6, yang mengubah asam amino triptofan menjadi serotonin sehingga bisa tidur nyenyak. Pisang bisa disantap bersama keju, atau diolah menjadi roti pisang bebas gluten serta pisang bakar kayu manis.

Selai kacang
Sama seperti pisang, selai kacang kaya triptofan, selain mengandung protein dan lemak sehat. Oleskan selai kacang pada roti gandum atau ubi, bisa juga membuat roti panggang dengan isian selai kacang dan tambahan buah berry.

photo
Selai kacang - (Pixabay)

Yogurt
Alasan yogurt tepat disantap sebelum tidur tentu karena protein, lemak sehat, dan triptofan. Sebaiknya tidak menambahkan gula pada yogurt. Jika ingin rasa manis dan asin, pilih topping pretzel, kacang, dan cokelat di atasnya.

Buah ceri
Buah ceri yang biasa ada di puncak kue tar ini banyak mengandung melatonin, vitamin B2, protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks. Ceri bisa dijadikan smoothie atau diolah menjadi camilan dark chocolate cherry bites.

Kiwi
Buah asam manis ini punya kandungan serotonin tinggi. Jika bosan memakan buahnya saja, coba buat "frozen kiwi pop". Tancapkan stik pada irisan kiwi, celupkan ke cokelat hitam cair, taburi dengan butiran kacang pistachios, lalu bekukan.

Susu
Susu hangat tak pernah gagal membantu tidur nyenyak. Selain susu sapi, coba juga susu almond yang kaya magnesium, moon milk (susu dengan kapulaga, ceri, atau ginseng), serta golden milk (campuran susu, kunyit, jahe, dan kayu manis).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA