Jabar Ikut Arahan Presiden Terkait Sholat Idul Fitri

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Muhammad Hafil

 Selasa 12 May 2020 15:59 WIB

Jabar Ikut Arahan Presiden Terkait Sholat Idul Fitri. Foto: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) Foto: Humas Pemprov Jabar Jabar Ikut Arahan Presiden Terkait Sholat Idul Fitri. Foto: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil)

Presiden minta pemda melakukan diskusi dengan ulama.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengikuti video conference rapat terbatas (ratas) evaluasi pelaksanaan PSBB bersama Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.  Dalam ratas tersebut, menurut Ridwan Kamil, Presiden berpesan agar pemerintah daerah melakukan diskusi lebih lanjut dengan para ulama untuk menentukan kriteria urgensi pelaksanaan shalat Idul Fitri 1441 H atau Lebaran 2020.

Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya akan mengikuti arahan Presiden RI tersebut. Jika hasil diskusi menunjukkan penurunan situasi kedaruratan, maka tidak menutup kemungkinan beberapa daerah di Jabar diperbolehkan melaksanakan salat Idul Fitri dan kegiatan ibadah lainnya, namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Arahan presiden terkait Idul Fitri, meminta daerah melakukan diskusi dengan ulama untuk menentukan kriteria-kriteria (situasi kedaruratan) ini. Lebaran bisa berlangsung normal berbasis jarak atau tetap tidak dilakukan dengan alasan kedaruratan,” ujar Ridwan Kamil yang akrab Emil, Senin (12/5).

Menurut Emil, kalau secara ilmiah sudah tidak ada ancaman kedaruratan lagi, maka ibadah bisa disarankan kembali ke normal dengan protokol kesehatan. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X