Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

MPR Minta Kasus pembobolan Data E-commerce Diinvestigasi

Senin 11 May 2020 22:15 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Ketua MPR Bambang Soesatyo menilai harusnya e-commerce tingkatkan keamanan agar tak mudah dibobol

Ketua MPR Bambang Soesatyo menilai harusnya e-commerce tingkatkan keamanan agar tak mudah dibobol

Foto: MPR
Bamsoet menilai harusnya e-commerce tingkatkan keamanan agar tak mudah dibobol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta otoritas berwenang melakukan investigasi soal klaim hacker yang mengaku membobol 1,2 juta data pengguna e-commerce Bhinneka.com. Termasuk menindak pihak-pihak yang terlibat.

"Mendorong pemerintah, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika, Divisi Cyber Crime Mabes Polri, dan pengelola e-commerce bhinneka.com untuk melakukan investigasi mendalam terhadap klaim kebocoran data pelanggan ke dalam dark web tersebut," kata Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, dalam keterangan tertulis, Senin (11/5).

Ia pun meminta agar seluruh e-commerce, khususnya bhinneka.com, untuk meningkatkan pengawasan dan sistem keamanan di situs maupun aplikasi e-commerce yang dikelola. "Sehingga dapat menjamin kerahasiaan data pelanggan," katanya.

Termasuk, lanjut Bamsoet, peningkatan pengamanan terkait data kartu kredit, debit dan semua kartu pembayaran para pelanggan. Jangan sampai disalahgunakan oleh pihak-pihak tak bertanggung seperti hacker. 

Politikus Golkar itu juga meningkatkan agar masyarakat ikut proaktif dalam pencegahan. "Lakukan penggantian password secara berkala di akun-akun e-commerce, serta menggunakan email khusus untuk akses yang terhubung ke e-commerce," ucapnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler