Senin 11 May 2020 18:02 WIB

Kapal Iran 'Tembak Teman Sendiri' Saat Latihan, 20 Tewas

Sebuah kapal perusak Iran secara tidak sengaja menembak dan menenggelamkan kapal Iran

Rep: Anadolu Agency/ Red: Christiyaningsih
Sebuah kapal perusak Iran secara tidak sengaja menembak dan menenggelamkan kapal Iran. Ilustrasi.
Foto: Anadolu Agency
Sebuah kapal perusak Iran secara tidak sengaja menembak dan menenggelamkan kapal Iran. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN - Sebuah kapal perusak Iran secara tidak sengaja menembak dan menenggelamkan kapal Iran kedua selama latihan angkatan laut di Teluk Persia pada Ahad. Insiden ini menewaskan sedikitnya 20 orang.

Laporan awal mengklaim bahwa rudal C-802 Noor ditembakkan dari Jamaran dan secara tidak sengaja menghantam Konarak, sebuah kapal tujuan umum. Menurut laporan itu, ada 30 hingga 40 anggota awak di kapal Konarak yang baru-baru ini ditambahkan ke armada Angkatan Laut Iran.

Baca Juga

Komandan Konarak termasuk di antara personel yang tewas. Sumber-sumber di Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran telah menganggap insiden itu sebagai "kesalahan manusia," meskipun sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari militer Iran.

Angkatan Laut Iran akan mengeluarkan pernyataan resmi dalam beberapa jam ke depan, menurut sumber tersebut. Insiden itu terjadi setelah serangkaian kegiatan di Teluk Persia dalam beberapa pekan terakhir, di tengah ketegangan yang muncul antara Iran dan Amerika Serikat.

Akhir bulan lalu, terjadi konfrontasi yang sangat berbahaya antara kapal Angkatan Laut AS dan Iran dekat dengan perairan teritorial Iran di Teluk. Setelah itu, Angkatan AS mengeluarkan pernyataan yang menuduh Angkatan Laut Iran melakukan "pelecehan."

Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa dia telah menginstruksikan Angkatan Laut AS untuk menembak dan menghancurkan kapal perang Iran jika mereka melecehkan kapal-kapal AS. Sebagai tanggapan, kepala IRGC Mayor Jenderal Hossein Salami mengatakan pasukan angkatan laut Iran telah diperintahkan untuk menargetkan kapal atau kapal perang AS di Teluk Persia jika mereka melecehkan kapal-kapal Iran.

Pada Sabtu, muncul desas-desus bahwa pesawat tak berawak AS telah jatuh di perairan teritorial Iran, yang kemudian terbukti bohong. Insiden terbaru itu terjadi ketika latihan militer semakin intensif di wilayah Teluk Persia, yang menunjukkan bahwa militer Iran menganggapi serius ancaman AS.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/kapal-iran-tembak-teman-sendiri-saat-latihan-20-orang-tewas/1836320
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement