Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

FIFA Respons Laporan Sampdoria Soal Transfer Bruno Fernandes

Kamis 07 May 2020 06:30 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah

Bruno Fernandes saat menandatangani kontrak untuk membela Manchester United.

Bruno Fernandes saat menandatangani kontrak untuk membela Manchester United.

Foto: DOK Twitter Manchester United
Sampdoria mengklaim seharusnya mendapatkan hak persentase nilai transfer Fernandes.

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) sedang menyelidiki laporan Sampdoria terkait transfer Bruno Fernandes dari Sporting Lisbon ke Manchester United yang mencapai 55 juta Euro. Sampdoria mengklaim seharusnya mendapatkan hak persentase nilai transfer sesuai kontrak yang disepakati beberapa tahun silam.

Dilansir dari SI, Kamis (7/5), FIFA mengklaim telah menangani laporan Sampdoria pada Rabu (6/5) terkait klausul jual-beli Fernandes. Fernandes pernah membela Sampdoria selama satu musim sebelum pindah ke Sporting pada 2017 dengan nilai 8,5 juta Euro ditambah bonus.

FIFA mengatakan, saat ini sedang berlangsung penyelidikan terkait kewajiban keuangan yang disepakati dalam kontrak sesuai proses transfer Fernandes tiga tahun lalu. Dalam kesepakatan tersebut, Sampdoria mengklaim memasukkan klausul mendapatkan bagian 10 persen dari laba jika Sporting menjual gelandang asal Portugal tersebut.

Baca Juga

FIFA akan melihat bagaimana klausul yang tertera dalam jual-beli tersebut sebelum memutuskan hasil penyelidikan. Fernandes diketahui di antara pemain Sporting membatalkan kontrak bersama klub karena diserang oleh suporter. Beberapa pemain hengkang, tetapi Fernandes waktu itu tetap tinggal dan menandatangani kontrak baru yang lebih baik.

Dikutip dari Football Italia, Samdoria seharunya berhak mendapatkan bagian 4,6 juta Euro dari transfer tersebut yang bisa diangsur sebanyak tiga kali. Sampdoria mendorong agar FIFA turun tangan agar Sporting membayar utangnya.

Meski demikian, Sporting sendiri menyatakan tak mempunyai hutang apapun kepada Sampdoria karena pemain 26 tahun itu menandatangani kontrak baru pada 2018 sehingga kontrak yang lama sudah tak berlaku.

Fernades dibeli Setan Merah pada bursa transfer musim dingin lalu. Ia langsung memberikan pengaruh permainan MU berkat kecerdasaannya dalam mengolah lapangan tengah. Tak hanya kecepatan dan umpan-umpan akuratnya, ia sendiri sering menciptakan ancaman kepada gawang lawan.

Fernandes memulai karier profesionalnya bersama Novara pada 2012-2013. Ia kemudian pindah ke Udinese dari 2013 hingga 2016 sebelum hengkang ke Sampdoria pada musim 2016-2017. Permainannya terus menanjak setelah bermain bersama Sporting dan akhirnya pelatih MU Ole Gunnar Solskjaer tertarik mendatangkannya ke Old Trafford.

Musim ini, Fernandes tampil dalam 37 pertandingan di semua kompetisi dan telah mencetak 18 gol serta 18 assist. Di Liga Inggris ia telah bermain sebanyak lima kali dan menyumbang dua gol serta tiga assist. Di FA Cup ia bermain satu kali. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA