Ahad 26 Apr 2020 09:31 WIB

Kasus Positif Covid 19 di Kota Bandung Mencapai 172 Orang

Pasien positif Covid 19 di Kota Bandung hingga Sabtu malam mencapai 172 orang

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Bayu Hermawan
Petugas medis melakukan simulasi penanganan pasien terjangkit virus Corona.
Foto: Republika/Abdan Syakura
Petugas medis melakukan simulasi penanganan pasien terjangkit virus Corona.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pasien positif corona atau Covid 19 di Kota Bandung hingga Sabtu (25/4) malam, pukul 21.00 WIB, berjumlah 172 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 27 orang meninggal dunia, pasien sembuh dan sudah pulang ke rumah masing-masing 20 orang dan yang masih dirawat sebanyak 125 orang.

Orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 3.240 orang. Sebanyak 2.760 orang telah dinyatakan selesai dipantau dan 480 orang masih dalam proses pemantauan. Pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 542 orang dengan 265 orang dinyatakan sudah pulang dan dalam kondisi sehat.

Baca Juga

Sedangkan pasien yang masih dirawat sebanyak 277 orang. Penyebaran positif corona di Kota Bandung merata di semua kecamatan dengan yang terbanyak di Kecamatan Cicendo. Sedangkan yang masih nol positif Covid 19 di Kecamatan Sukasari.

Sebelumnya, Sebanyak 364 orang dinyatakan positif Covid 19 atau virus corona dari hasil rapid test atau cepat yang dilaksanakan hingga Rabu (22/4) kemarin. Total sebanyak 4.309 orang telah dilakukan rapid test dan ditargetkan kurang lebih 4.400 orang yang akan mengikuti tes di Kota Bandung.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita mengatakan pihaknya menindaklanjuti terhadap 364 orang yang positif Covid 19 dengan pemeriksaan PCR. Saat ini katanya baru sekitar 60 orang yang telah melaksanakan tes swab tersebut.

"Positif dari rapid sebanyak 364 ditindaklanjuti swab nunggu 3 sampai 4 hari (hasilnya). Kurang lebih 60 orang yang menunggu hasil swab," ujarnya melalui keterangan yang diterima.

Menurutnya, jumlah tersebut diluar angka positif Covid 19 yang tertera di situs Covid 19 Kota Bandung hingga Jumat (24/4) pukul 00.00 Wib mencapai 168 orang. Katanya, diperkirakan jumlah positif akan bertambah banyak dengan banyaknya yang melakukan rapid test covid-19.

Rita menambahkan, sebanyak dua orang tenaga medis di puskesmas dan 4 orang di RSUD Kota Bandung telah terpapar Covid 19. Mereka katanya sudah melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan dinyatakan sembuh.

"Itu sudah lama dan mereka sudah bekerja kembali," katanya. Menurutnya, selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan dilakukan trasing terhadap keluarga Pasien Dalam Pengawasan.(PDP) dan Orang dalam Pengawasan (ODP) di masing-masing wilayah kerja puskesmas dan ditindaklanjuti dengan rapid test.

"Bisa lewat drive thru atau ada ruang khusus untuk tes. Jangan kaget hasil data akan menghasilkan data melonjak tinggi," katanya.

Ia mengaku rapid test yang dilakukan di Kota Bandung belum bisa menggambarkan puncak covid-19 berlangsung. Katanya, PSBB pun baru dimulai pelaksanannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement