Selasa 21 Apr 2020 23:33 WIB

Gubernur Jatim: Kit Reagen akan Tiba di Surabaya, Besok

Kit reagen ini membuat proses pemeriksaan swab Covid-19 di Surabaya bisa dilanjutkan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kedua kiri).
Foto: ANTARA/Moch Asim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kedua kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan kit reagen dari pemerintah pusat akan tiba di Surabaya pada Rabu (22/4). Kedatangan kit reagen ini akan membuat proses pemeriksaan swab Covid-19 bisa dilanjutkan.

"Tadi sore saya menelepon Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pusat Pak Letjen Doni Monardo dan membicarakan itu. Insya Allah besok sudah tiba kit reagen dari Jakarta," ujarnya di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa (21/4) malam.

Baca Juga

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut mengaku telah menerima informasi habisnya kit reagen di Institute Topical Disease (ITD) di Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Surabaya. Dengan datangnya kit reagen, kata dia, maka diharapkan proses pemeriksaan terhadap pasien bisa kembali normal seperti semula.

Sebelumnya, melalui surat pengumuman nomor 152/UN3.9.4/TU/2020, Kepala ITD Unair Prof Maria Inge Lusida menyampaikan telah melakukan pemesanan kit reagen sejak 24 Maret 2020, namun hingga saat ini belum sampai di ITD Unair. 

Tim Satgas Corona RSUA, dr Alfian Nur Rosyid SpP membenarkan akan kabar habisnya kit reagen di ITD Unair. Hal sama juga dialami Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya.

Dia mengungkapkan, sejak 20 April 2020 RSUA tidak bisa melakukan pemeriksaan sampel untuk pasien Covid-19, padahal jumlah pasien yang mengantre untuk pengambilan swab per harinya minimal mencapai 50 orang.

Alfian menjelaskan, kit reagen merupakan salah satu komponen utama dari PCR (Polymerase Chain Reaction). Tes PCR ini berfungsi untuk memeriksa amplifikasi asam nukleat virus dengan teknologi sehingga bisa diketahui ada atau tidak genotipe virus.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement