Jumat 17 Apr 2020 08:34 WIB

Trump Beri Gubernur Peta Jalan Buka Kembali Perekonomian

Trump beri tiga tahap pedoman pembukaan kembali perekonomian

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Presiden Amerika Serikat Donald Trump beri tiga tahap pedoman pembukaan kembali perekonomian. Ilustrasi.
Foto: AP
Presiden Amerika Serikat Donald Trump beri tiga tahap pedoman pembukaan kembali perekonomian. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberikan gubernur-gubernur negara bagian peta jalan untuk memulihkan perekonomian yang ambruk karena pandemi virus Corona. Trump menekankan rencana membuka kembali perekonomian ini dilakukan dengan pendekatan 'bertahap dan penuh pertimbangan'.

Rencana mengembalikan aktivitas seperti sebelum pandemi ini akan dilakukan di wilayah yang memiliki kapasitas pemeriksaan yang besar dan mengalami penurunan kasus infeksi. "Kami kembali memulai hidup kami lagi. Kami mulai melakukan peremajaan perekonomian kami lagi. Ini proses yang bertahap," kata Trump dalam konferensi harian di Gedung Putih, Jumat (17/4). 

Baca Juga

Pedoman baru ini bertujuan untuk melonggarkan pembatasan di daerah-daerah yang tingkat penularannya virus coronanya rendah, sambil membatasi pergerakan dari wilayah yang tingkat penyebarannya tinggi. Hal ini juga menunjukan upaya untuk kembali ke kondisi normal membutuhkan proses yang lebih lama dibandingkan yang Trump prediksi.

Pejabat pemerintah federal AS memperingatkan kebijakan pembatasan sosial mungkin masih tetap perlu diberlakukan hingga akhir tahun demi mencegah merebaknya wabah baru. Pedoman baru ini memperkuat rencana yang sudah dikembangkan gubernur-gubernur negara bagian yang paling bertanggung jawab atas kesehatan publik di negara bagian mereka.

"Anda akan mengambil keputusan sendiri, kami akan mendampingi Anda," kata Trump kepada para gubernur dalam video konferensi.

Wilayah yang mengalami penurunan jumlah kasus infeksi dan memiliki kapasitas pemeriksaan yang besar akan membuka kembali bisnis dan sekolah melalui tiga tahap. Tahap pertama, peta jalan yang diajukan pemerintah federal adalah tetap mengimbau masyarakat untuk menjaga jarak, menghindari pertemuan lebih dari 10 orang, dan perjalanan tidak perlu.

Tahap kedua, masyarakat didorong memaksimalkan pembatasan sosial satu sama lain dan membatasi pertemuan kurang dari 50 orang kecuali sudah ada tindakan pencegah yang telah direncanakan. Di tahapan ini perjalanan sudah diperbolehkan.

Tahapan ketiga, mulai mengembalikan kondisi seperti semula bagi sebagian besar masyarakat Amerika. Langkah ini dibarengi dengan fokus identifikasi dan isolasi kasus baru.

Namun koordinator gugus tugas virus corona Gedung Putih Deborah Birx dan pakar penyakit menular pemerintah AS Anthony Fauci mengatakan masyarakat akan mengalami 'kondisi normal yang baru'. Tapi Trump membantahnya.

Ia mengisyaratkan masyarakat dapat kembali menonton pertandingan sepak bola dan memenuhi restoran. "Itu akan terjadi dan akan terjadi dengan cepat," kata Trump.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement