Senin 30 Mar 2020 15:14 WIB

Komedian Jepang Meninggal Dunia karena Terinfeksi Covid-19

Ken Shimura menjadi selebritas pertama Jepang yang meninggal karena Covid-19.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Komedian Jepang, Ken Shimura
Foto: Japan Forward
Komedian Jepang, Ken Shimura

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Komedian populer Jepang, Ken Shimura (70 tahun) telah meninggal dunia karena terinfeksi virus corona jenis baru atau Covid-19. Shimura menjadi selebritas pertama Jepang yang meninggal dunia akibat pandemi Covid-19.

Menurut agensinya, Izawa Office, Shimura telah dirawat di rumah sakit Tokyo dan meninggal dunia pada Ahad (29/3). Dia didiagnosis menderita pneumonia setelah tertular Covid-19. Shimura menjalani perawatan di rumah sakit pada 20 Maret setelah mengalami demam dan masalah pernapasan. Selama dirawat, dia menggunakan ventilator sebagai alat bantu pernapasan.

Baca Juga

Berita kematian Shimura menduduki puncak berita televisi dan talkshow di Jepang pada Senin (30/3). Beberapa penggemar dan media berkumpul di luar rumah sakit tempat dia dirawat. Kematian Shimura mengirimkan gelombang kejut ke seluruh Jepang, di mana para generasi muda kurang memiliki rasa urgensi terhadap pandemi Covid-19.

"Saya terkejut mendengar bahwa dia meninggal begitu cepat setelah infeksi dilaporkan. Kini saya takut terinfeksi," ujar seorang mahasiswa berusia 21 tahun kepada televisi NHK.

Kematian Shimura datang ketika Dia sedang bersiap untuk membuat sebuah film baru. Selain itu, dia juga berencana ikut dalam estafet obor Olimpiade pada Juli untuk mewakili Higashimurayama, sebuah kota di pinggiran Tokyo. Namun, pemerintah Jepang telah memutuskan bahwa Olimpiade ditunda hingga 2021.

"Saya tidak menyangka Shimura haris pergi dengan cara ini. Sampai akhir hayatnya, dia berkomitmen untuk terus menghadirkan tawa kepada orang-orang," ujar Izawa Office dalam sebuah pernyataan.

Shimura adalah mantan anggota band komedi rock Drifters, di era 1970-an dan 1980-an. Dia mulai tenar saat membintangi acara komedi, "It’s 8 o’clock, Gather Everyone!".

Terlahir dengan nama Yasunori Shimura, dia dikenal dengan karakter populernya sebagai Baka Tonosama di sebuah acara komedi di televisi. Selain itu, dia juga memimpin teater komedi, Shimurakon sejak 2006. Dia merupakan penggemar komedian Amerika, Jerry Lewis yang telah menginspirasinya menjadi seorang komedian. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement