Senin 23 Mar 2020 16:16 WIB

PBB akan Galang Dana untuk Bantu Atasi Covid-19

PBB akan galang dana untuk bantu negara berkembang atasi Covid-19

Rep: Rizky Jaramaya/Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih
Bendera PBB. PBB akan galang dana untuk bantu negara berkembang atasi Covid-19. Ilustrasi.
Foto: ist
Bendera PBB. PBB akan galang dana untuk bantu negara berkembang atasi Covid-19. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, OSLO -- Kementerian Luar Negeri Norwegia mengatakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan mengumpulkan dana untuk mendukung perawatan pasien virus corona di seluruh dunia. Tujuannya adalah membantu negara-negara berkembang yang memiliki sistem kesehatan tidak memadai dalam mengatasi pandemi virus corona jenis baru atau Covid-19.

"Dana multi-donor di bawah naungan PBB akan memberikan bantuan dan upaya lebih efektif," ujar Menteri Luar Negeri Norwegia, Eriksen Soereide.

Baca Juga

Soereide mengatakan dana tersebut juga akan digunakan untuk mengatasi konsekuensi jangka panjang akibat pandemi Covid-19. Menurutnya, pendanaan tersebut akan diumumkan secara resmi oleh PBB pada akhir pekan.

Virus corona muncul pertama kali di Wuhan, China pada Desember 2019. Virus ini dengan cepat menyebar ke hampir seluruh negara di dunia. Reuters melaporkan hampir 340 ribu orang di dunia telah terinfeksi Covid-19 dan lebih dari 14.500 orang meninggal dunia. Jumlah kematian di Italia telah melebihi jumlah kejadian di China.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan bahwa Covid-19 sebagai pandemi global. Sebagian besar Eropa dan Amerika Serikat mengikuti China dan negara-negara Asia lainnya dengan melakukan pembatasan drastis untuk memerangi virus corona Covid-19. Upaya yang dilakukan adalah sebagian besar pekerja disuruh bekerja dari rumah. Selain itu, sekolah, bar, pub, dan restoran ditutup.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement