Jumat 20 Mar 2020 21:42 WIB

Bank Indonesia Karantina Uang Beredar di Sulawesi Tengah

Uang beredar di Sulawesi Tengah dikarantina selama 14 hari lalu disemprot.

Petugas menata tumpukan uang kertas. ilustrasi
Foto: Dhemas Reviyanto/Antara
Petugas menata tumpukan uang kertas. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Bank Indonesia melakukan sejumlah pengolahan khusus untuk mencegah masuk dan menyebarnya virus Corona melalui uang kertas dan uang logam di Sulawesi Tengah. Di daerah tersebut, BI melakukan 'karantina uang'.

"Melakukan pengkondisian terhadap setoran uang yang diterima dari perbankan atau PJPUR (Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah) berupa karantina selama 14 hari,"kata Kepala Kantor Perwakilan BI Sulteng, Abdul Majid Ikram di Palu, Jumat (20/3).

Baca Juga

Setelah dikarantina, uang-uang disemprot dengan cairan desinfektan sebelum dilakukan pengolahan dan pendistribusian kembali kepada masyarakat. Penyemprotan dimaksudkan untuk memastikan uang-uang yang telah di karantina itu bebas dari bakteri, kuman atau virus yang menempel.

"Kemudian memperkuat higienitas dari SDM (Sumber Daya Manusia) dan perangkat yang digunakan dalam pengolahan uang rupiah,"ujarnya.

Kantor Perwakilan BI Sulteng berkoordinasi dengan perbankan atau PJPUR untuk menerapkan langkah-langkah dalam pengolahan uang Rupiah. "Dengan memerhatikan aspek K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dari sisi SDM maupun perangkat pengolahan uang Rupiah," ucap dia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement