Selasa 17 Mar 2020 12:42 WIB

Ilmuwan Temukan Planet Unik di Atas Galaksi Bima Sakti

Planet dengan cakram tebal bergerak di atas galaksi Bima Sakti.

Rep: Mabruroh/ Red: Dwi Murdaningsih
Gambar pusat Galaksi Bima Sakti yang diambil dari instrumen HAWK-I.(esa)
Foto: esa
Gambar pusat Galaksi Bima Sakti yang diambil dari instrumen HAWK-I.(esa)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim peneliti menemukan sebuah planet dengan cakram tebal yang diberi nama LHS 1815 b. Nama tersebut diberikan karena planet itu mengorbit bintang LHS 1815.

Dilansir dari sputniknews, planet ini bergerak di atas galaksi Bima Sakti. Tim melakukan penelitian tersebut menggunakan teleskop ruang angkasa TESS NASA .

Baca Juga

Planet bernama LHS 1815 b ini memiliki ukuran seperti Bumi, meskipun massanya tampak hingga 8,7 kali lipat dari bumi. Pada saat pendeteksian, planet ini terletak 97 tahun cahaya dari Bumi.

"Survei TESS dapat memberikan sampel besar pada planet-planet yang transit mengelilingi matahari," kata tim tersebut, Selasa (17/3).

LHS 1815 tampaknya bergerak ke bagian galaksi cakram tebal. Dengan perkiraan jarak maksimumnya dari bidang galaksi mencapai 5.870 tahun cahaya.

Sebelumnya tidak pernah terlihat ada planet memiliki piringan atau cakram tebal. Karena itu, para ilmuwan berharap bahwa penemuan mereka akan membantu mempelajari perbedaan evolusi planet antara cakram tipis dan tebal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement