Kamis 12 Mar 2020 10:34 WIB

Ratusan Planet Minor Baru Ditemukan di Luar Neptunus

Ilmuwan memulai dengan meneliti 7 miliar data untk menemukan planet baru.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Planet Neptunus(Astrology.co.au)
Foto: Astrology.co.au
Planet Neptunus(Astrology.co.au)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti menemukan lebih dari 300 objek trans-Neptunus (TNO). Diantaranya adalah planet-planet kecil yang terletak jauh dari tata surya, termasuk lebih dari 100 penemuan baru.

Penemuan menggunakan data dari Survei Energi Gelap (DES). Dalam penelitian yang diterbitkan dalam The Astrophysical Journal Supplement Series dan dipimpin oleh mahasiswa pascasarjana Pedro Bernardinelli dan profesor Gary Bernstein dan Masao Sako dijelaskan bahwa pendekatan baru untuk menemukan jenis objek serupa dan apat membantu pencarian di masa depan untuk Planet Nine yang hipotetis dan planet-planet lain yang belum ditemukan.

Baca Juga

Tujuan DES, yang menyelesaikan enam tahun pengumpulan data pada Januari, adalah untuk memahami sifat energi gelap dengan mengumpulkan gambar presisi tinggi dari langit selatan. Meski DES tidak dirancang secara khusus dengan mempertimbangkan TNO, luasnya dan kedalaman cakupan membuatnya sangat mahir dalam menemukan objek baru di luar Planet Neptunus.

"Jumlah TNO yang dapat Anda temukan tergantung pada seberapa banyak langit yang Anda lihat dan apa hal terkecil yang dapat Anda temukan," ujar Bernstein, salah satu kepala tim penelitian, dilansir Science Daily, Kamis (12/3).

Karena DES dirancang untuk mempelajari galaksi dan supernova, para peneliti harus mengembangkan cara baru untuk melacak pergerakan. Survei TNO khusus melakukan pengukuran sesering setiap jam atau dua, yang memungkinkan peneliti untuk lebih mudah melacak.

Sementara itu, Bernardinelli mengatakan dengan menggunakan empat tahun pertama data DES, ia mulai dengan dataset 7 miliar titik, semua objek yang mungkin terdeteksi oleh perangkat lunak yang berada di atas level latar belakang gambar. Selanjutnya, ia menghapus benda apa pun yang hadir pada beberapa malam, seperti bintang, galaksi, dan supernova

Dengan 7 miliar titik berkurang ke daftar sekitar 400 kandidat yang terlihat selama setidaknya enam malam pengamatan, para peneliti kemudian harus memverifikasi hasil. Untuk memfilter daftar kandidat mereka ke TNO aktual, para peneliti kembali ke dataset asli untuk melihat apakah mereka dapat menemukan lebih banyak gambar dari objek yang dimaksud.

"Katakanlah kita menemukan sesuatu pada enam malam yang berbeda. Untuk TNO yang ada di sana, kami benar-benar menunjuk mereka selama 25 malam yang berbeda. Itu berarti ada gambar di mana objek itu seharusnya, tetapi itu tidak berhasil melalui langkah pertama disebut titik,” jelas Bernstein.

Kemudian Bernardinelli mengembangkan cara untuk menumpuk banyak gambar untuk menciptakan tampilan yang lebih tajam, yang membantu mengkonfirmasi apakah objek yang terdeteksi adalah TNO asli. Para peneliti juga memverifikasi bahwa metode mereka dapat menemukan TNO yang diketahui di daerah langit yang sedang dipelajari dan bahwa mereka dapat menemukan benda palsu yang disuntikkan ke dalam analisis.

"Bagian yang paling sulit adalah berusaha memastikan bahwa kami menemukan apa yang seharusnya kami temukan," kata Bernardinelli.

Setelah berbulan-bulan pengembangan dan analisis metode, para peneliti menemukan 316 TNO, termasuk 245 penemuan yang dibuat oleh DES dan 139 objek baru yang sebelumnya tidak dipublikasikan. Dengan hanya 3.000 objek yang saat ini dikenal, katalog DES ini mewakili 10 persen dari semua TNO yang dikenal.

Pluto, TNO paling terkenal, berjarak 40 kali lebih jauh dari matahari daripada Bumi dan TNO yang ditemukan menggunakan rentang data DES 30 hingga 90 kali jarak Bumi dari matahari. Beberapa dari benda-benda ini berada pada orbit yang sangat jauh yang akan membawanya jauh melampaui Pluto.

Setelah DES selesai, para peneliti menjalankan kembali analisis mereka pada seluruh dataset, dengan ambang batas yang lebih rendah untuk deteksi objek pada tahap penyaringan pertama. Ini berarti bahwa ada potensi yang lebih besar untuk menemukan TNO baru, mungkin sebanyak 500, berdasarkan perkiraan para peneliti, dalam waktu dekat.

Metode yang dikembangkan oleh Bernardinelli juga dapat digunakan untuk mencari TNO dalam survei astronomi mendatang. Observatorium ini akan mensurvei seluruh langit selatan dan akan dapat mendeteksi objek yang jauh lebih redup dan lebih jauh daripada DES.

"Banyak program yang kami kembangkan dapat dengan mudah diterapkan pada kumpulan data besar lainnya, seperti apa yang akan dihasilkan oleh Observatorium Rubin," jelas Bernardinelli.

Katalog TNO ini juga akan menjadi alat ilmiah yang berguna untuk penelitian tentang tata surya. Karena DES mengumpulkan spektrum data yang luas pada setiap objek yang terdeteksi, para peneliti dapat mencoba untuk mencari tahu dari mana asal TNO.

Objek yang membentuk lebih dekat ke Matahari diharapkan memiliki warna yang berbeda dari yang berasal dari yang lebih jauh dan lebih dingin. Dengan mempelajari orbit objek-objek ini, para peneliti mungkin selangkah lebih dekat untuk menemukan Planet Sembilan, sebuah planet seukuran Neptunus yang diperkirakan ada di luar Pluto.

"Ada banyak ide tentang planet-planet raksasa yang dulu berada di tata surya dan tidak ada lagi, atau planet-planet yang jauh dan masif tetapi terlalu samar untuk kita sadari. Membuat katalog adalah bagian penemuan yang menyenangkan. Lalu ketika Anda membuat sumber ini, dapat dibandingkan apa yang ditemukan dengan apa yang dikatakan teori seseorang yang seharusnya Anda temukan,” kata Bernstein.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement