Rabu 11 Mar 2020 22:02 WIB

Jakarta Pantau Sekolah Antisipasi Corona

Pemantauan dikhususkan kepada warga sekolah bergejala awal corona.

Jakarta Pantau Sekolah Antisipasi Corona. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Jakarta Pantau Sekolah Antisipasi Corona. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terus memantau kesehatan murid-murid di sekolah yang berada di bawah pembinaan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta untuk antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). Pemantauan dikhususkan kepada murid atau warga sekolah yang memiliki gejala awal Covid-19.

"Sekolah-sekolah kita itu sekarang masih semuanya berjalan dan dipantau bila ada anak-anak yang memiliki gejala mirip. Kenapa kita lakukan itu? Supaya bisa mengecek secara rutin. Jadi itu yang sedang kita kerjakan," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (11/3).

Baca Juga

Terkait keputusan lima sekolah internasional memutuskan meliburkan kegiatan belajar-mengajar, menurut Anies, itu merupakan hal yang wajar karena setiap sekolah memiliki kebijakan masing-masing. "Mereka memiliki otonomi untuk mengatur kegiatannya," kata Anies.

Dia mengatakan, kewenangan sekolah internasional untuk meliburkan kegiatan belajar-mengajar (KBM) tentu sudah sepengetahuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Sekolah internasional secara kewenangan tidak berada di dalam kewenangan Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta. Secara kewenangan di bawah Kementerian Pendidikan.

"Jadi sebetulnya tidak meminta izin. Karena kalau itu, berurusannya dengan kementerian," kata Anies.

Kebijakan pemantauan tidak hanya dilakukan kepada murid yang bersekolah dan memiliki gejala awal Covid-19, namun juga kepada pegawai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Anies menyebutkan secara efektif mulai hari ini memberlakukan isolasi mandiri bagi para pegawainya yang memiliki gejala awal terpapar Covid-19.

"Bila terjadi isolasi diri, tidak ada pemotongan gaji dan tidak ada pemotongan tunjangan kerja. Karena dengan berada di rumah yang bersangkutan menyelamatkan dirinya, menyelamatkan koleganya, tetangga, dan lingkungannya," ujar Anies.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement